ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA SITUS BUKALAPAK
DOI:
https://doi.org/10.29303/jrp.v1i1.1740Keywords:
Kepercayaan, citra merek, keputusan pembelian,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kepercayaan dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada situs Bukalapak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Sumber data adalah data primer dan data skunder. Data skunder diperoleh dari penyebaran kuesioner secara online. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dan jumlah sampel yang digunakan adalah 105 responden. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepercayaan dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada situs Bukalapak, baik secara parsial maupun secara serentak. Artinya bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan dan persepsi citra merek konsumen maka keputusan pembelian konsumen akan semakin meningkat. Hasil penelitian ini menyarankan agar meningkatnya konsumen yang berbelanja online pada situs Bukalapak maka perusahan perlu meningkatkan kepercayaan konsumen dengan memperhatikan hal-hal yang bisa membangun kepercayaan konsumen terutama mengenai keamanan bertransaksi dan perusahaan juga perlu untuk terus berinovasi dalam menunjukkan citra merek yang positif bagi pelanggan serta menciptakan keunggulan-keunggulan baru yang tidak disediakan oleh situs belanja online lainnya agar Bukalapak menjadi situs pilihan pertama pelanggan.Downloads
Published
2022-11-11
Issue
Section
Articles