Psikoedukasi Bullying Kepada Siswa Kelas 5 Di SD Negeri 14 Bangun Jaya Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir

Penulis

Sindi Permata Sari , Desy Arisandy

DOI:

10.29303/jpimi.v4i2.6135

Diterbitkan:

31-08-2025

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2025): Edisi Agustus

Kata Kunci:

Psikoedukasi, Bullying, Tanjung Batu

Articles

Unduhan

Cara Mengutip

Sari, S. P., & Arisandy, D. (2025). Psikoedukasi Bullying Kepada Siswa Kelas 5 Di SD Negeri 14 Bangun Jaya Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia , 4(2), 161–166. https://doi.org/10.29303/jpimi.v4i2.6135

Abstrak

Pendidikan mengenai bullying sangat penting untuk membangun kesadaran dan sikap yang tepat terhadap perilaku. Para siswa harus memahami bahwa bullying memiliki banyak dampak negatif yang serius. Dengan mengetahui dampak-dampaknya, siswa diharapkan dapat lebih peka dan tidak menganggap remeh perilaku bullying. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat yaitu Metode Sosialisasi dilakukan untuk memberikan informasi tentang dampak bullying kepada siswa di SDN 14 Tanjung Batu.  Hasil kegiatan pengabdian Masyarakat didapatkan hasil adanya psikoedukasi mengenai pada siswa kelas 5 di SDN 14 Tanjung Batu menerikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bullying. Melalui berbagai metode seperti pemberian materi, diskusi serta quis sehingga membuat siswa mampu mengenali berbagai bentuk bullying, memahami dampaknya, serta cara menghadapinya secara positif.Bullying memiliki dampak yang signifikan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang bagi korban. Dampak jangka pendek dari bullying meliputi perasaan tertekan akibat penindasan, menurunnya minat dalam menyelesaikan tugas sekolah yang diberikan guru, dan berkurangnya keinginan untuk berpartisipasi dalam kegiatan sekolah

Biografi Penulis

Sindi Permata Sari, universitas bina darma

Desy Arisandy, Program Studi Psikologi, Universitas Bina Darma

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.