Pengenalan Teori Permainan dan Statistika Dasar ke Siswa SMAN 1 Selong dengan Pendekatan MSJ
DOI:
https://doi.org/10.29303/jpimi.v2i2.2893Kata Kunci:
statistika, teori permainan, matematika si jombloAbstrak
Kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh tim pengajar dari Program Studi Matematika FMIPA Universitas Mataram ke SMAN 1 Selong berhasil mengenalkan siswa-siswa tentang pentingnya statistika dan teori permainan dalam pengambilan keputusan. Melalui cerita dan kasus-kasus yang melibatkan kehidupan sehari-hari, siswa diajak untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti rata-rata dan simpangan baku dalam mengambil keputusan yang tepat. Mereka juga mempelajari kisah John Nash, yang menemukan teori permainan, dan membandingkannya dengan prinsip ekonomi dari Adam Smith. Siswa menyadari bahwa kepentingan bersama dapat menghasilkan hasil yang lebih baik daripada kepentingan pribadi. Dalam kasus The Prisoner's Dilemma, siswa juga melihat pentingnya teori permainan dalam konteks pengambilan keputusan bersama. Keseluruhannya, kegiatan ini membantu siswa memahami pentingnya statistika dan teori permainan dalam proses pengambilan keputusan.Unduhan
Diterbitkan
2023-08-31
Cara Mengutip
Siboro, A. M., Syechah, B. N., Putri, D. E., Maulana, F., Wardhana, I. G. A. W., Irwansyah, I., … Awanis, Z. Y. (2023). Pengenalan Teori Permainan dan Statistika Dasar ke Siswa SMAN 1 Selong dengan Pendekatan MSJ. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia , 2(2), 76–80. https://doi.org/10.29303/jpimi.v2i2.2893
Terbitan
Bagian
Articles