Pembimbingan Penyelesaian Soal Tes Pengetahuan Kuantitatif dan Tes Penalaran Matematika Bagi Siswa Kelas XII SMAN 2 Selong Lombok Timur
DOI:
https://doi.org/10.29303/jpimi.v3i2.5914Keywords:
Pengetahuan Kuantitatif, Penalaran Matematika, Tes UTBKAbstract
Melanjutkan studi ke perguruan tinggi merupakan impian banyak tamatan SMA sederajat. Untuk mewujudkannya, calon mahasiswa harus mempersiapkan diri dengan belajar dan bekerja keras, terutama bagi mereka yang tidak lolos jalur SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) dan harus menghadapi tes UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Program pengabdian ini bertujuan memberikan pengalaman kepada siswa kelas XII tentang bentuk dan tingkat kesulitan tes masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) serta cara penyelesaiannya. Pengalaman ini membantu siswa mengukur kesiapan mereka dalam menghadapi UTBK sekaligus memotivasi mereka meningkatkan waktu, kualitas, dan kuantitas belajar. Pelaksanaan program terdiri atas tiga tahapan: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan utama meliputi: (1) review konsep matematika dasar, (2) ujicoba tes pengetahuan kuantitatif dan penalaran matematika, serta (3) pembimbingan soal ujicoba oleh tim. Hasil ujicoba menunjukkan kemampuan siswa dalam pengetahuan kuantitatif dan penalaran matematik masih rendah. Namun, pembimbingan terstruktur meningkatkan pemahaman siswa, menyadarkan mereka akan banyaknya materi yang perlu dipelajari, dan mendorong semangat belajar. Program ini juga membantu siswa lebih memahami jurusan yang diminati. Direkomendasikan kepada pihak sekolah untuk memberikan pembinaan intensif kepada seluruh siswa guna meningkatkan peluang lulus seleksi masuk PTN.Downloads
Published
2024-12-11
How to Cite
Marzuki, M., Teguh Ardianto, Rahadi Wirawan, I Wayan Sudiarta, Ramadian Ridho Illahi, Gusti Ayu Niatri, & Kormil Saputra. (2024). Pembimbingan Penyelesaian Soal Tes Pengetahuan Kuantitatif dan Tes Penalaran Matematika Bagi Siswa Kelas XII SMAN 2 Selong Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia , 3(2), 100–107. https://doi.org/10.29303/jpimi.v3i2.5914
Issue
Section
Articles