Strategi Pemasaran Kain Songket Dengan Media Sosial Instagram di Desa Limbang Jaya II Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir

Authors

Baibul Tujni , Aklin Agusra , Bela Agustin , Dhea Fitri Rahmayani , Dita Puspita , M. Tegar Rahmatullah , Nabila Andien Cherina , Salsabila Novintrie , Suci Tania

DOI:

10.29303/jpimi.v4i1.6125

Published:

2025-02-07

Issue:

Vol. 4 No. 1 (2025): Edisi Februari

Keywords:

Strategi Pemasaran, Kain Songket, Media Sosial, Desa Limbang Jaya II

Articles

How to Cite

Tujni, B., Agusra, A., Agustin, B., Rahmayani, D. F., Puspita, D., Rahmatullah, M. T., … Tania, S. (2025). Strategi Pemasaran Kain Songket Dengan Media Sosial Instagram di Desa Limbang Jaya II Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir . Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia , 4(1), 40–44. https://doi.org/10.29303/jpimi.v4i1.6125

Abstract

Kain songket merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang kaya akan nilai seni sejarah, terutama di sumatera selatan, termasuk desa limbang jaya II kecamatan tanjung batu kabupaten ogan ilir. Desa ini di kenal sebagai salah satu sentra pengrajin kain songket dengan kualitas yang tinggi dan motif yang khas. Namun ditengah persaingan pasar yang semakin ketat dan perkembangan teknologi digital, tujuan pengabdian ini yaitu untuk menghadapi tantangan dalam memasarkan produk mereka kepasar yang lebih luas. Metode yang digunakan yaitu Penyuluhan individu dengan metode pendekatan edukatif berfokus pada proses pemberian informasi, pengetahuan, dan keterampilan kepada individu secara personal, dengan pendekatan yang lebih interaktif dan berdasarkan pada kebutuhan serta karakteristik masing-masing. Pendekatan ini bertujuan untuk membantu individu memahami masalah yang dihadapi, memberikan pemahaman yang lebih dalam, dan mendorong perubahan perilaku melalui pendidikan yang relevan dan berkelanjutan. Hasil Program Kerja Pemsasaran kain songket melalui media sosial merupakan strategi yang sangat efektif, mengingat karakteristik visual yang kuat dari produk ini. Dengan konten yang menarik, pemanfaatan influencer, dan interaksi aktif dengan audiens, kain songket dapat diperkenalkan lebih luas dan dipromosikan kepada berbagai segmen pasar

Author Biographies

Baibul Tujni, universitas bina darma

Aklin Agusra, Universitas Bina Darma

Bela Agustin, Universitas Bina Darma

Dhea Fitri Rahmayani, Universitas Bina Darma

Dita Puspita, Universitas Bina Darma

M. Tegar Rahmatullah, Universitas Bina Darma

Nabila Andien Cherina, Universitas Bina Darma

Salsabila Novintrie, Universitas Bina Darma

Suci Tania, Universitas Bina Darma

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.