Mengolah Sabut Kelapa Sebagai Warna Alami dan Pelatihan Digital Marketing di Dusun Dasan Gerung

Authors

Samsul Sahidi , Dhea Kurnia Ramadhani , Ratih Damayyana Dwi Chintami , Kirana Sahda Mazmury , Muhammad Diennis Dwi Mustika

DOI:

10.29303/jpimi.v2i2.2315

Published:

2023-08-31

Issue:

Vol. 2 No. 2 (2023): Edisi Agustus

Keywords:

Kain Mandalika, Digital Marketing, Remaja Masjid, Sabut Kelapa

Articles

How to Cite

Sahidi, S., Ramadhani, D. K. ., Chintami, R. D. D. ., Mazmury, K. S., & Mustika, M. D. D. (2023). Mengolah Sabut Kelapa Sebagai Warna Alami dan Pelatihan Digital Marketing di Dusun Dasan Gerung. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia , 2(2), 105–110. https://doi.org/10.29303/jpimi.v2i2.2315

Abstract

Kelapa merupakan salah satu tumbuhan yang dapat hidup di iklim tropis seperti Indonesia. Semua bagian dari pohon kelapa dapat dimanfaatkan menjadi suatu yang llebih berharga. Namun hal ini belum begitu di sadari oleh masyarakat khusunya di Desa Tirtanadi. Data dari profil Desa Tirtanadi 2019 menyebutkan jumlah produksi kelapa mencapai 360.000 butir per tahun (BPS, 2019). Sabut kelapa merupakan hasil samping dari buah kelapa yang berpotensi cukup besar. Sabut kelapa memiliki struktur serat yang kuat. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki sabut kelapa antara lain tidak gampang membusuk dan berjamur serta tahan lama. Disisi lain kondisi perekonomian masyarakat mitra masih terbilang rendah ditambah rata rata pendidikan mereka terbilang rendah serta tak jarang mereka putus sekolah. Dari kondisi tersebut program pengolahan serabut kelapa ini hadir dengan mengaet 10 orang mitra dalam pelaksaanya. Adapun pelaksanan program ini secara luring dengan menerapka protocol kesehetan. Fokus program ini untuk memberikan pelarihan pengolahan serabut kelapa enjadi pewarnaan kain mandalik dan pelatihan digital marketing kepada mitra. Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini, adalah untuk menghasilkan inovasi produk dari potensi sumber daya alam yang ada menjadi produk ecoprint dengan bahan pewarna sabut kelapa yang berkualitas tinggi. Selain itu, inovasi produk yang kreatif juga dapat memperluas jangkauan pasar dan memberikan laba tinggi bagi masyarakat, serta dapat memberdayakan masyarakat non produktif yaitu kelompok remaja masjid Dusun Dasan Gerung agar menjadi sumber daya manusia yang produktif dan berkualitas.

Author Biographies

Samsul Sahidi, Universitas Mataram

Dhea Kurnia Ramadhani, Universitas Mataram

Ratih Damayyana Dwi Chintami, Universitas Mataram

Kirana Sahda Mazmury, Universitas Mataram

Muhammad Diennis Dwi Mustika, Universitas Mataram

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.