Melatih Model Mental Kimia Siswa SMAN 1 Sambelia Menggunakan Media Augmented Reality

  • Wildan Wildan Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
  • Supriadi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
  • Saprizal Hadisaputra Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
  • Muti’ah Muti’ah Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
  • Jeckson Siahaan Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
  • Sunniarti Ariani Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia

Abstract

Pembelajaran kimia yang lengkap adalah pembelajaran yang menghubungkan tiga level representasi kimia, yaitu level makroskopik, simbolik, dan submikroskopik. Kemmapuan dalam menghubungkan ketiga level tersebut disebut model mental. Dengan pembelajaran menggunakan media augmented reality, siswa dapat menjelaskan konsep kimia melalui tiga level representasi sehingga konsep dipahami dengan lebih baik. Program ini bertujuan untuk melatih model mental siswa menggunakan media augmented reality sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menghubungkan tiga level representasi atau model mental siswa. Peserta kegiatan sangat antusias mengikuti kegiatan yang dilaksanakan. Materi pengabdian diakui sangat berguna bagi siswa terutama dalam menghubungkan multi-level representasi kimia yang selanjutnya akan semakin mengembangkan model mental mereka. Materi yang disampaikan mampu memotivasi siswa untuk terus mempelajari kimia melalui tiga level representasi dengan bantuan media augmented relaity.
Published
2023-02-27