Implementasi Lesson Study For Learning Community (LSLC) pada Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Model Flipped Learning untuk Guru Bahasa Inggris Kota Mataram
Training on the Implementation of Lesson Study for Learning Community (LSLC) in English Language Teaching Using Flipped Learning Model for English Teachers in Mataram City
DOI:
https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i3.8940Kata Kunci:
Flipped Learning Model, Lesson Study for Learning Community, MGMP Bahasa Inggris, Pembelajaran Bahasa InggrisAbstrak
Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Kota Mataram masih menghadapi berbagai tantangan, antara lain rendahnya partisipasi, kolaborasi, dan komunikasi siswa, dominasi pembelajaran yang berfokus pada unsur kebahasaan, serta minimnya kultur kolaborasi profesional antar-guru. Kondisi ini berimplikasi pada belum optimalnya pengembangan kompetensi komunikatif siswa dan terbatasnya inovasi pembelajaran di kelas. Menjawab permasalahan tersebut, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Mataram bekerja sama dengan MGMP Bahasa Inggris Kota Mataram melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat berupa implementasi Lesson Study for Learning Community untuk pengembangan pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Flipped Learning Model. Kegiatan melibatkan 15 guru Bahasa Inggris SMP dan dilaksanakan melalui pendekatan Blended Learning yang memadukan pemanfaatan Learning Management System berbasis Google Sites, pembekalan konsep secara daring, pendampingan intensif, serta lokakarya tatap muka yang mengakomodasi siklus LSLC Plan–Do–See. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penggunaan platform digital efektif mendukung kesiapan guru, LSLC berhasil mentransformasi cara kerja guru dari praktik yang terisolasi menuju komunitas belajar yang kolaboratif, dan penerapan FLM pada Open Class mampu meningkatkan partisipasi siswa, meskipun tetap ditemukan tantangan terkait manajemen atensi. Secara keseluruhan, program ini terbukti memperkuat kompetensi pedagogis guru, menumbuhkan budaya refleksi berbasis data, dan mendorong terwujudnya pembelajaran Bahasa Inggris yang lebih aktif dan berpusat pada siswa.




