Main Article Content

I Made Sujana
Eka Fitriana
Kurniawan Apgrianto
Agus Saputra
Endang Kurnianingsih

Abstract

ABSTRAK
Pandemi Covid 19 membawa perubahan dasyat pada pelaksanaan pembelajaran di seluruh Indonesia. Guru tiba-tiba diwajibkan untuk menerapkan pembelajaran dari rumah (BDR). Kegiatan BDR secara mendadak menimbulkan kepanikan guru karena telah terbiasa dengan pembelajaran total tatap muka. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk membantu guru dalam menyelenggarakan pembelajaran daring dengan melakukan kegiatan workshop dan pendampingan. Kahalayak sasaran strategis dari kegiatan ini adalah 30 guru SDN 26 Mataram dan guru dari sekolah pengimbas guru SDN 5 Mataram dan SDN 7 Mataram. Materi kegiatan antara lain: Konsep pembelajaran daring, Pengembangan Google Classroom, Google Forms, dan Google Meet, dan Integrasi GF, GM ke dalam GC. Hasil menunjukkan bahwa kegiatan PkM ini telah mampu membekali peserta dengan pengetahuan tentang pembelajaran daring dan keterampilan mengembangkan GC, GF, dan GM serta mampu mengitegrasikan GF, GM ke dalam GC.
 
ABSTRACT
The Covid 19 pandemic has brought tremendous changes to the implementation of learning throughout Indonesia. Teachers are suddenly required to apply learning from home (LfH)). The sudden change causesteachers panic because they are in comfort zone applying face-to-face meetings. This community service aims to assist teachers in organizing online learning by conducting workshops and mentoring. The strategic targets of this activity are 30 teachers from SDN 26 Mataram, SDN 5 Mataram, and SDN 7 Mataram. The materials cover online learning concepts, development of Google Classroom, Google Forms, andGoogle Meet, and Integration of GF, GM into GC. The results show that this community service has been able to equip participants with knowledge about online learning and with skills to develop GC, GF, and GM and to integrate GF, GM into GC.

Article Details

How to Cite
Sujana, I. M., Fitriana, E., Apgrianto, K., Saputra, A., & Kurnianingsih, E. (2021). Integrasi Google Classroom, Google Forms, dan Google Meet dalam Rancangan Program Belajar dari Rumah (BDR). Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 1(1), 13-23. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v1i1.86