Penguatan Nilai-Nilai Multikultural melalui Pembelajaran Pancasila Berbasis Media Interaktif di Sekolah Dasar

Authors

Dimas Qondias , Maria Desidaria Noge , Maria Liu Lodo , Virginia Meo

DOI:

10.29303/darmadiksani.v5i1.6854

Published:

2025-06-11

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2025): Edisi Juni

Keywords:

Media Interaktif, Multikultural, Sekolah Dasar, Pembelajaran Pancasila

Articles

Downloads

How to Cite

Qondias, D., Noge, M. D., Lodo, M. L., & Meo, V. (2025). Penguatan Nilai-Nilai Multikultural melalui Pembelajaran Pancasila Berbasis Media Interaktif di Sekolah Dasar. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 5(1), 35–47. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i1.6854

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai multikultural pada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran Pancasila berbasis media interaktif. Media yang terapkan berupa Papan Pancasila, dirancang untuk mengaitkan nilai-nilai dalam setiap sila dengan situasi kehidupan nyata siswa. Metode yang digunakan adalah edukatif-partisipatif dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan dilaksanakan di SDK Gouparu, melibatkan 12 siswa kelas 1 dan 1 orang guru sebagai mitra. Hasil observasi menunjukkan keterlibatan aktif siswa dalam bertanya (83%), menyampaikan pendapat (80%), dan bekerjasama (86%). Selain itu, hasil angket menunjukkan bahwa seluruh siswa merasa senang belajar dan memahami nilai Pancasila dengan pendekatan ini. Program ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, selain itu kegiatan yang dilaksanakan mampu membantu guru dalam menyampaikan materi secara kontekstual. Disarankan agar kegiatan serupa diperluas cakupannya dan melibatkan lebih banyak guru, agar dampak penguatan nilai-nilai multikultural melalui pembelajaran Pancasila berbasis media interaktif dapat dirasakan lebih luas dan berkelanjutan. Disarankan agar kegiatan ini dapat direplikasi di sekolah-sekolah lain guna memperkuat pendidikan karakter berbasis nilai kebhinekaan.

Author Biographies

Dimas Qondias, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Citra Bakti, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Maria Desidaria Noge, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Citra Bakti, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Maria Liu Lodo, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Citra Bakti, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Virginia Meo, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Citra Bakti, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.