Penguatan Nilai Kepedulian Lingkungan pada Siswa Jenjang Pendidikan Dasar

Authors

Priyaji Agung Pambudi , Savina Nurma Fardiani , Siti Zaenab , Amin Hidayati , Lala Julian Permana , Nurul Hidayatul Arofah

DOI:

10.29303/darmadiksani.v2i2.1934

Published:

2022-12-15

Issue:

Vol. 2 No. 2 (2022): Edisi Desember

Keywords:

Kepedualian lingkungan, Konservasi, Partisipasi, Pendidikan dasar, Pendidikan lingkungan

Articles

Downloads

How to Cite

Pambudi, P. A., Fardiani, S. N., Zaenab, S. ., Hidayati, A., Permana, L. J., & Arofah, N. H. (2022). Penguatan Nilai Kepedulian Lingkungan pada Siswa Jenjang Pendidikan Dasar. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 2(2), 88–99. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v2i2.1934

Abstract

ABSTRAK Aktivitas manusiatelah berkontribusi mendegradasi lingkungan hidup. Diperlukan upaya perbaikan, salah satunya melalui penanaman sikap dan perilaku pro lingkungan pada anak-anak jenjang pendidikan dasar. Program ini bertujuan untuk membangun dan meningkatkan nilai-nilai kepedulian lingkungan pada anak Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan metode learning by doing melalui pemberian materi, pendampingan, dan pembinaan. Para peserta memiliki antusiasme yang tinggi untuk mempelajari materi mengenai pendidikan lingkungan hidup. Melalui metode learning by doing nilai-nilai kepedulian pada lingkungan dapat dengan mudah diterima oleh anak-anak karena mereka dalam suasana senang dan nyaman, sehingga terjadi peningkatan pengetahuan, kepekaan, dan partisipasi pada aksi konservasi sebagai modal dasar terbentuknya sikap serta perilaku yang pro lingkungan. Keberhasilan ini berpotensi mendorong implementasi yang lebih luas dalam kehidupan sehari-hari antara lain perilaku pengelolaan sampah, penggunaan air bersih, penggunaan listrik, pengelolaan pekarangan, pemilihan bahan pangan, dan pola konsumsi. Program ini menjadi salah satu role model untuk menutup kekosongan pendidikan lingkungan hidup dalam kurikulum pendidikan nasional melalui dukungan semua pihak baik akademisi, swasta, pemerintah, masyarakat, maupun media untuk mengarusutamakan pendidikan lingkungan pada sektor non-formal dalam rangka membentuk generasi yang peduli pada lingkungan dan memiliki komitmen untuk mengelola dan menjaga kelestariannya demi mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.   ABSTRACT Human activities have contributed to environmental degradation. Improvement efforts are needed, one of which is through instilling pro-environmental behavior in children at the elementary education. This program aims to build and increase environmental awareness in elementary school. This community empowerment is carried out used the learning by doing method through the provision of materials, mentoring, and coaching. The participants had high enthusiasm for learning material about environmental education. Through the learning by doing method, the values ​​of concern for the environment can be easily accepted by children because they are in a happy and comfortable atmosphere, resulting in an increase in knowledge, sensitivity, and participation in conservation actions as the basic capital for forming pro-environmental attitudes and behavior. This successed has the potential to encourage wider implementation in everyday life, including waste management behavior, clean water use, electricity use, yard management, food selection, and consumption patterns. This program is one of the role models to fill the void in environmental education in the national education curriculum through the support of all parties, including academia, the private sector, government, community, and the media to mainstream environmental education in the non-formal sector in order to form a generation that cares about the environment and has the commitment to manage and maintain its sustainability in order to achieve sustainable development.

Author Biographies

Priyaji Agung Pambudi, Sekolah Ilmu Lingkungan, Universitas Indonesia, Indonesia

Savina Nurma Fardiani, Magister Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Siti Zaenab, Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia

Amin Hidayati, Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia

Lala Julian Permana, Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia

Nurul Hidayatul Arofah, Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia