OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA UMKM SATE BULAYAK DI DESA LEMBUAK KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT

  • Muhammad Taufikurrahman Universitas Mataram
  • Siti Aisyah Hidayati Universitas Mataram
  • Nurul Fardatul Izzati Universitas Mataram
  • Wulan Suci Ramadhan Universitas Mataram
  • Nana Juliana Universitas Mataram
  • Faiz Ridho Fahreza Universitas Mataram
  • Halimatussakdiah Universitas Mataram
  • Nurlailah Universitas Mataram
  • Gusti Ngurah Eka Putra Universitas Mataram
  • Lalu Rosihan Syarif Universitas Mataram
  • Baiq Adisty Tahira Putri Universitas Mataram
Kata Kunci: Desa Lembuak, Potensi desa, Sate Bulayak

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi. Dalam kegiatan KKN yang dilaksanakan di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, kelompok mahasiswa dan dosen Universitas Mataram melaksanakan berbagai kegiatan dengan sasaran utama pada pemetaan dan pengembangan potensi desa. Tujuan pelaksanaan KKN ini yaitu untuk membantu masyarakat dalam hal meningkatkan pendapatan pada UMKM sate bulayak di Desa Lembuak Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Terdapat beberapa metode kegiatan yang dilaksanakan yaitu pembuatan website desa dan inovasi pengemasan pada produk sate bulayak. Hasil dari adanya kegiatan ini adalah tersedianya web yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM Desa Lembuak untuk memasarkan sate bulayak dan adanya inovasi dalam hal pengemasan sate bulayak agar dapat dipasarkan hingga ke luar daerah. Selain itu, kelompok KKN juga terlibat dalam berbagai kegiatan lain yaitu posyandu, belajar mengajar di PAUD, dan gotong royong. Hasil kegiatan di atas menunjukkan bahwa kegiatan KKN ini telah mampu menjawab beberapa masalah yang ada di Desa Lembuak terkait peningkatan pendapatan pada UMKM sate bulayak di Desa Lembuak Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat.

Referensi

Chakti, G. (2019). The Book Of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.
Darajat, A. U. (2023). Penerapan Teknologi Vakum Sealer Sebagai Upaya Optimalisasi Pengemasan Produk Olahan Ikan Teri di Desa Maja Kalianda Lampung Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sembayan, 7(1), 4-8.
Konuti, R., Ratulangi, F. S., Rompis, J. E. G., & Rumondor, D. B. J. (2017). Pengaruh pengunaan perasan jeruk nipis (Citrus aurantifolia S.) terhadap mutu organoleptik sate daging kambing. ZOOTEC, 38(1), 114-122.
Nur, M. (2012). Pengaruh cara pengemasan, jenis bahan pengemas, dan lama penyimpanan terhadap sifat kimia, mikrobiologi, dan organoleptik sate bandeng (Chanos chanos). Jurnal Teknologi & Industri Hasil Pertanian, 14(1), 1-11.
Rumondang, A., Sudirman, A., & Sitorus, S. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen.
Sari, W. N., Gadu, P., & Mahsun, M. (2023). WISATA GASTRONOMI: MENGENAL BUDAYA DAN SEJARAH MELALUI MAKANAN LOKAL ‘SATE REMBIGA’DI MATARAM. Media Bina Ilmiah, 17(9), 2075-2096.
Diterbitkan
2024-02-11