PENINGKATAN KEMAMPUAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN BISNIS DIGITAL DAN KOMPETENSI BAHASA KOREA
DOI:
10.29303/wicara.v1i4.3508Diterbitkan:
2023-08-30Terbitan:
Vol 1 No 4 (2023): Jurnal Wicara DesaKata Kunci:
kolaborasi lintas budaya, tanggung jawab sosial, pendidikan, konservasi pantaiArticles
Unduhan
Cara Mengutip
Abstrak
Artikel ini berfokus pada kelas lintas budaya Universitas Mataram sebagai agen pemahaman budaya dan kolaborasi antara Indonesia dan Korea Selatan. Pemberdayaan yang dilakukan terhadap masyarakat sekitar Universitas Mataram bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kesempatan bagi masyarakat yang membutuhkan untuk menggapai dan mewujudkan aspirasinya. Dengan menyoroti kursus "Dasar Bahasa Korea", "Pariwisata Korea", "EPS-TOPIK Korea", dan "Bisnis Digital", studi ini mengeksplorasi bagaimana kelas-kelas ini menumbuhkan keharmonisan global dengan memfasilitasi koneksi mendalam dan berbagi pengetahuan. Dikembangkan secara kolaboratif oleh Universitas Mataram, Universitas Nasional Seoul, dan Universitas Nasional, kelas-kelas ini menunjukkan kekuatan kemitraan akademis dalam meningkatkan kesadaran dan apresiasi lintas budaya.Referensi
Herrington, J., & Oliver, R. 2000. An instructional design framework for authentic learning environments. Educational Technology Research and Development, 48(3), 23-48.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. 2013. Joining together: Group theory and group skills. Pearson Higher Ed.
Jung, H., & Kim, B. H. (2021). Foreign residents and local public expenditure: Evidence from South Korea. Journal of the Asia Pacific Economy, 1-24.
Madden-Dent, T. (2021). Advancing Equity through Culturally Responsive Social Emotional Education: Addressing International Student Integration. In Motivating the SEL Field Forward Through Equity (pp. 159-176). Emerald Publishing Limited.
Vygotsky, L. S. 1978. Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
Yoon, K. (2007). Application of Conversation Analysis to Teaching Korean Language and Culture. The Korean Language in America, 12, 126–144. http://www.jstor.org/stable/42922174