PELATIHAN BAHASA INGGRIS BAGI REMAJA SMP/SMA DESA LOYOK OLEH KKN-PMD UNIVERSITAS MATARAM 2023

  • Maulida Solihah Universitas Mataram
  • Rizky Hidayat Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Mataram
  • Miftahul Jannah Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram
  • Rista Febriana Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • Baiq Sofiatuddin Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Mataram
  • M. Haerul Gunawan Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram
  • Muhammad Adam Suazhari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Ayu Fitri Andini Program Studi Sosiologi, Fakultas Hukum, Universitas Mataram
  • Lalu Muhammad Fascal Aimar Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poliitik, Universitas Mataram
  • Baiq Vidia Haerunnisa Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Mataram
  • Eustachius Hagni Wardoyo Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Mataram
Kata Kunci: Bahasa Inggris, Desa Loyok, wisatawan

Abstrak

Desa loyok merupakan salah satu Desa Wisata yang ada di Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur. Banyaknya wisatawan yang datang baik dari dalam maupun luar negeri untuk melihat dan menikmati objek wisata yang ada di Desa Loyok seperti art shop anyaman bambu dan pemandangan sawah yang indah. Kegiatan pelatihan Bahasa Inggris yang dilakukan oleh KKN-PMD Universitas Mataram 2023 ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris bagi remaja SMP/SMA yang ada di Desa Loyok. Peningkatan kemampuan itu tentu diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Loyok untuk memudahkan mereka berkomunikasi dengan wisatawan asing yang datang ke Desa Loyok. Pelatihan dihadiri 23 peserta perwakilan dari masing-masing dusun yang ada di Desa Loyok. Pelatihan ini meliputi beberapa materi Speaking seperti Greeting, Asking and Giving Opinion, Agree and Disagree, dan Asking and Giving Direction. Kegiatan pelatihan ini dilakukan selama 3 minggu yaitu setiap hari Rabu, Kamis dan Jum’at. Kegiatan pelatihan Bahasa Inggris ini mendatangkan langsung tutor yang berpengalaman dalam speaking Bahasa Inggris.

Referensi

Alwahidi, A. A., Sani, M. I., Dewi, A. M., Darmawangsa, S. S., Alawiyah, T. N. A., Rohimah, S., Imtihan, Z., Hasmiati, W., Mustapida, H., & Sukenti, K. (2021). Optimalisasi Minat Belajar dengan Metode Fun Learning pada Era New Normal di Desa Sengkerang, Kecamatan Praya Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.682
Febriana, M., Joko, ;, Dewi, N. ;, & Anggri Muhtia, R. ; (2018). Comparative Study of Post-Marriage Nationality Of Women in Legal Systems of Different Countries International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding Teaching in Rural Indonesian Schools: Teachers’ Challenges. 5, 11–20. http://ijmmu.com
Khosiah, K., Ibrahim, I., & Muttaqien, Z. (2019). PENGARUH KUNJUNGAN WISATAWAN TERHADAP PENDAPATAN PENGUSAHA KERAJINAN ANYAMAN BAMBU DI DESA LOYOK KECAMATAN SIKUR KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 4(2), 71–78.
Menggo, S., Su, Y. R., & Taopan, R. A. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris Pariwisata Di Desa Wisata Meler. Widya Laksana, 11(1), 85–97.
Sabon, V., Perdana, M., Koropit, P., & Pierre, W. (2018). Strategi Peningkatan Kinerja Sektor Pariwisata Indonesia Pada ASEAN Economic Community. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8. https://doi.org/10.15408/ess.v8i2.5928
Sri Damayanti, L. (2020). IMPLEMENTASI E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI PENDIDIKAN TINGGI PARIWISATA DI BALI SELAMA PANDEMI COVID-19 (Vol. 2, Issue 2).
Syafari, Y., & Montessori, M. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1294–1303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872
Diterbitkan
2023-11-02