INOVASI KEMASAN DAN PENGGUNAAN PRODUK GULA AREN UNTUK MENINGKATKAN OMSET PASAR UMKM DI DESA KEKAIT KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT

  • Istiharatul Mubayyinah Universitas Mataram
  • Tasya Nurul Aulia Universitas Mataram
  • Mazlin Mazlin Universitas Mataram
  • Salma Putri Effendi Universitas Mataram
  • Nadia Rahmani Universitas Mataram
  • I Ketut Eka Putra Universitas Mataram
  • Saosan Alamuna Hayaza Universitas Mataram
  • Dimas Ezra Andrew Tharamatha Universitas Mataram
  • Maistarah Putri Nurdianisa Universitas Mataram
  • Tasya Septiana Melanie Universitas Mataram
Kata Kunci: MSME, brown sugar, turnover, KKN, innovation, marketting, product innovation

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terpadu desapreuner merupakan sebuah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan mahasiswa sebagai peserta dan dosen sebagai pembimbing yang berfokus pada tema desapreuner. Kegiatan KKN di Desa Kekait kecamatan Gunungsari kabupaten Lombok barat selama 45 hari memfokuskan pada inovasi produk dan pemasaran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Permasalahan yang ditemui di desa Kekait adalah pemasaran yang masih terbatas di sekitar desa saja, kemasan yang hanya menggunakan ukuran besar seperti ratusan gram dan kiloan, dan kurangnya kesadaran untuk membuat merek suatu produk. Berangkat dari permasalahan tersebut, dipandang penting untuk memberi pendampingan tentang inovasi kemasan dan kegunaan produk gula Aren kepada salah satu pelaku UMKM yang berpotensi utnuk memperluas pemasaran.  Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan omset penjualan UMKM dengan memperluas pasar gula Aren di desa Kekait kecamatan Gunungsari kabupaten Lombok barat.  Metode yang digunakan adalah wawancara dalam pengumpulan data dan menggunakan metode pendampigan dalam pelaksanaannya. Manfaat penelitian adalah meningkatkan inovasi dan daya saing produk gula Aren desa Kekait kecamatan Gunungsari kabupaten Lombok barat. Saran dari peneliti kepada masyarakat Desa Kekait adalah diharapkan setiap pelaku UMKM untuk meningkatkan kepercayaan dirinya pada produk-produk mereka.

Referensi

Aprianty Masayu Endang. (2018). Pentingnya Kemasan Terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Jurnal Sosio e- Kons: Vol.10 no.1

Basu Swastha dan Irawan. (2003). “Manajemen Pemasaran Modern”. (Edisi kedua). Cetakan ke sebelas. Yogyakarta : Liberty Offset

Cyasmoro, Verry Cyasmoro., & Ricky T. (2021).

Darma Ayu Dinda., Abdussamad Z. K., & Rahman E. (2022). Pengaruh Strategi Inovasi Produk dan Pemasaran Media Sosial Terhadap Keunggulan Bersaing pada UMK Kuliner Di Kota Gorontalo. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. JAMBURA. Vol.5 no.1.

Ekasari Novita., Hasanah N., Siregar A. P., Sari N., & Nifita A. T. (2019). Implementasi Digital Marketing dan Inovasi Kemasan Kue Bengen Produk Kuliner Khas Jambi. Jurnal Inovasi, Teknologi, dan Dharma Bagi Masyarakat (JTTDM). Vol. 1 no.1.

Hapsoro Bayu Bagas, Palupiningdyah, & Slamet A. (2019). Peran Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Omset penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. ABDIMAS: 23(2).

Inovasi Pemasaran dan Inovasi Kemasan Produk Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Makanan dan Minuman di Pasar Lama Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 5. No. 3. ISSN: 2614-3097.

Kurniawati, Emaya., Wyati S., & Sri Y. W. (2018). Strategi Peningkatan Omset Penjualan Bagi Pedagang Pasar Bulu Setelah Berinovasi. Fakultas Ekonomi Universitas Semarang.

Nizam, Mohammad Fatih., Eva M., & Vita F. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Pemasaran UMKM. Jurnal EMA - Ekonomi Manajemen Akuntansi-. Vol 5. No. 2.

Diterbitkan
2023-02-20