Pelaksanaan Perjanjian Antara PT. Garda Lintas Sarana Dengan Pengguna Jasa

(Studi di Garda Express Mataram)

Penulis

  • Dimas Wahyu Putra Fakultas Hukum Universitas Mataram , Fakultas Hukum Universitas Mataram
  • H. Zaenal Arifin Dilaga , Fakultas Hukum Universitas Mataram
  • Fatria Hikmatiar Al Qindy , Fakultas Hukum Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/prlw.v3i2.2591

Kata Kunci:

Perjanjian, Pengguna jasa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi perjanjian antara Garda Express Mataram dengan pengguna jasa berdasarkan hukum perjanjian dan mengetahui tanggung jawab Garda Express Mataram atas hilangnya barang kiriman pengguna jasa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian normatif dan empiris yang menggunakan metode pendekatan perundang-undangan (Statute Approach), pendekatan konseptual (Conceptual Approach) dan pendekatan sosiologis (Sociological Approach). Teknik memperoleh data yang digunakan adalah penelitian lapangan(field research) dan penelitian kepustakaan(library research). Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa adanya permasalahan hukum yang terjadi dalam proses pengiriman barang kepada pengguna jasa atau konsumen, sedangkan upaya penyelesaian yang dilakukan oleh pihak perusahaan yaitu mengganti barang milik konsumen yang hilang dengan mengganti maksimal 10 (sepuluh) kali biaya pengiriman barang atau harga barang diambil dari nilai paling rendah apabila kehilangan tersebut diakibatkan dari kelalaian petugas.

Diterbitkan

2023-06-27

Cara Mengutip

“Pelaksanaan Perjanjian Antara PT. Garda Lintas Sarana Dengan Pengguna Jasa: (Studi Di Garda Express Mataram)”. 2023. Private Law 3 (2): 333-40. https://doi.org/10.29303/prlw.v3i2.2591.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama