HUBUNGAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA PEMBELAJARAN PPKn DENGAN KARAKTER SISWA KELAS V SDN GUGUS V AMPENAN

Penulis

  • Rizki Amalia Nuraini Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Asrin Asrin PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Ilham Syahrul Jiwandono PGSD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.97

Kata Kunci:

Pancasila, character, character education

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kerapuhan karakter yang cukup parah yang salah satunya disebabkan oleh tidak optimalnya pengembangan karakter di lembaga pendidikan. Pendidikan di Indonesia saat ini hanya terfokus pada otak kiri (hard skill) saja dan kurang memperhatikan perkembangan otak kanan (soft skill). Selain itu, semakin meningkatnya karakter bangsa Indonesia yang tidak baik terutama karakter para pelajar yang tidak mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Nilai-nilai Pancasila merupakan nilai yang sangat penting karena mengandung nilai-nilai luhur bangsa ini dan sangat relevan untuk dijadikan dasar dalam pembentukan karakter bangsa. Dengan demikian peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman nilai-nilai Pancasila terhadap karakter siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Lokasi penelitian di SDN Gugus V Ampenan pada kelas V. Sampel penelitian berjumlah 55 Siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan Korelasi Product Moment. Hasil perhitungan dengan hasil Koefisien Korelasi yang ditandai dengan nilai r sebesar 0,979 yang berarti menandakan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara pemahaman nilai-nilai Pancasila dengan karakter siswa SDN Gugus V Ampenan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Hubungan yang signifikan antara pemahaman nilai-nilai Pancasila dengan karakter siswa kelas V SDN Gugus V Ampenan.

Referensi

Afianti, D., Witono, A. H., & Jiwandono, I. S. (2020). Identifikasi Kesulitan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Di Sdn 7 Woja Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2), 203–213.
Ajik, A. (2014). Hubugan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Mata Pelajaran PKn Dengan Karakter Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Magelang. Universitas Negeri Yogyakarta.
Aprilliyani. (2016). Hubugan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Mata Pelajaran PKn Dengan Karakter Siswa Kelas VI di SD Dharmakarya Pondok Cabe Pamulang. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Azinar, T. A. (2014). Kendala Guru dalam Internalisasi Nilai Karakter pada Pembelajaran Sejarah. Khazanah Pendidikan, 7(1), 1–15. http://www.jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/664/656
Darmadi. (2010). Pembelajaran Kontekstual (Konsep Dan Aplikasi). PT Refika Aditama.
I Komang Suarta, I. P. P. A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola. e-Journal PJKR Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2).
Jiwandono, I. S. (2020). Permainan Tradisional Sebagai Upaya Meningkatkan Karakter Disiplin dan Jujur Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 11–19.
Jiwandono, I. S., & Khairunisa, K. (2020). Pemanfaatan Nilai-Nilai Filosofis Punakawan Dalam Upaya Penguatan Karakter Mahasiswa. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(1), 74–81. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i1.4466
Jiwandono, I. S., Nisa, K., Rosyidah, A. N. K., Hakim, M., & Nasaruddin, N. (2020). The Implementation of the Movement for Strengthening Character Education in Primary Schools Through Lombok Traditional Games at SDN 44 Mataram. 1st Annual Conference on Education and Social Sciences (ACCESS 2019), 246–249. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.062
Kemendiknas. (2010). Panduan Pelaksa naan Pendidikan Karakter. Badan Litbang Kementran Pendidikan Nasional.
Khairunnisa, Jiwandono, I. S., Nurhasanah, Dewi, N. K., Saputra, H. H., & Wati, T. L. (2019). Kampanye Kebersihan Lingkungan melalui Program Kerja Bakti Membangun Desa di Lombok Utara. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 230.
Mansur. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan. LPMP Sulsel. http://www.lpmpsulses.net/v2/index.php?option=com_content&view=article&id=293:implementasikarakter&catid=42:ebuletin&Itemid=215
Morissan. (2012). Metode Penelitian Survei. Prenadamedia Group.
Muin. (2011). Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoritik & Praktik. Ar Ruzz Media.
Noor, B. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pustaka Pelajar.
Nurfatimah, Affandi, L. H., & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Kelas Tinggi Di SDN 07 Sila Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 145–154.
Setiawan, H., Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Affandi, L. H., Ermiana, I., & Khair, B. N. (2020). Analisis Kendala Guru Di SDN Gunung Gatep Kab. Lombok Tengah Dalam Implementasi Pendidikan Inklusif. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 169–183. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4704
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Triana K Sari. (2016). Penanaman Karakter Kejujuran Dan Kepatuhan Pada Aturan Sosial Dalam Proses Pembelajaran PPKn Di SMK Muhammadiyah 2 Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Usiono. (2013). Pancasila Membangun Karakter Bangsa. Hijri Pustaka Utama.
Usman. (2006). Pengantar Statistika. Bumi Aksara.

Diterbitkan

2021-06-04

Cara Mengutip

Nuraini, R. A., Asrin, A., & Jiwandono, I. S. (2021). HUBUNGAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA PEMBELAJARAN PPKn DENGAN KARAKTER SISWA KELAS V SDN GUGUS V AMPENAN . JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 2(1), 19–26. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.97

Terbitan

Bagian

Articles