PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HARMONY DIGITAL MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI PANCASILA UNTUK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v6i1.6640Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Pengembangan, media pembelajaran interaktif, Pancasila, Articulate storylineAbstrak
Teknologi berperan penting dalam meningkatkan kualitas dan mutu Pendidikan. Untuk meningkatkan mutu Pendidikan dibutuhkan media pembelajaran khususnya mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Media pembelajaran yang kreatif dan inovatif dapat membantu siswa dalam memahami materi. Media pembelajaran digital membantu guru dalam menyampaikan materi yang menarik dan memaksimalkan semangat keterlibatan siswa dalam pembelajaran sehingga pembelajaran tidak membosankan. Namun kenyataannya pada proses pembelajaran pendidikan Pancasila penerapan media pembelajaran digital kurang diperhatikan, kerena keterbatasan penggunaan teknologi dikalangan pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan media pembelajaran Harmony berbasis digital muatan Pendidikan Pancasila materi Pancasila untuk siswa kelas II sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model ADDIE. Penelitian ini melibatkan dua validator ahli dan 22 responden pada satuan Pendidikan SD Negeri Poncoruso. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli, angket respon guru dan angket respon siswa. Angket validasi ahli digunakan untuk mengetahui kelayakan media. Angket respon siswa dan guru digunakan untuk mengetahui kepraktisan media. Temuan validasi ahli menunjukkan rata-rata presentaes sebesar 92% dan temuan ini termasuk dalam kategori sangat layak. Sedangkan temuan berdasarkan respon siswa menunjukkan presentase rata-rata sebesar 95,24% dan respon guru rata-rata presentase sebesar 94% dengan kategori sangat praktis.Referensi
Abdul Karim, Dini Savitri, & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17
Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 440. https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1077
Batubara, H. H. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL (N. Asri (ed.); Pertama, J). PT REMAJA ROSDAKARYA.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988
Hidayati, P. N., Arisyanto, P., & Damayanti, A. T. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Gage (Gaya Dan Gerak) Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 526–538. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7145
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Khaidir, F., Amran, A., & Noor, I. A. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Mewujudkan Suistanable Developments Goal’s. Attadib: Journal of Elementary Education Vol.7, 7(2), 1–27.
Khairunnisa, A., & Apoko, T. W. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 20(2), 191. https://doi.org/10.24114/jk.v20i2.48898
Ningsih, W. S., Khusnul Khotimah, Reza Amaliani, & Wisnu Siwi Satiti. (2022). Pengembangan Media Berbasis Ispring dan Video Animasi Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 5(2), 80–92. https://doi.org/10.36765/jp3m.v5i2.534
Nurhasanah, Y., & Putri, D. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Augmented Reality Pada Topik Klasifikasi Hewan Berdasarkan Habitatnya. Multinetics, 6(2), 86–98. https://doi.org/10.32722/multinetics.v6i2.2794
Putra, L. D., & Pratama, S. Z. A. (2023). Pemanfatan media dan teknologi digital dalam mengatasi masalah pembelajaran. Journal Transformation of Mandalika., 4(8), 323–329. https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/article/view/2005/1586
Razilu, Z. (2021). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3 Di Sekolah Dasar. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 17–21. https://doi.org/10.51454/decode.v1i1.3
Resmana, M. T., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Pancasila untuk Merealisasikan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 473–485. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.134
Reyna, J., Hanham, J., & Meier, P. C. (2018). A framework for digital media literacies for teaching and learning in higher education. E-Learning and Digital Media, 15(4), 176–190. https://doi.org/10.1177/2042753018784952
Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SNISTEK), 5(September), 84–90. https://doi.org/10.33884/psnistek.v5i.8067
Selsabila, V., & Pramudiani, P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Berbasis Literasi Digital Pada Pembelajaran IPS bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri. Jurnal Paedagogy, 9(3), 458. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5372
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pendidikan Dasar, II, 43–48.
Umar Aliansyah, M., Mubarok, H., Maimunah, S., & Hamdiah, M. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Di Pesantren Ainul Hasan. Jurnal Syntax Fusion, 1(07), 119–124. https://doi.org/10.54543/fusion.v1i07.28
Wu, D., Wang, J., & Che, Z. (2024). Digital Education: Connotation, Pathway, and Trend. 1(1), 59–68.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Wiwit Elma Viana, Sari Yustiana

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.