PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SDN 1 LANDUNGSARI DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v2i2.552Kata Kunci:
Pembelajaran Kooperatif, Mind Mapping, Hasil BelajarAbstrak
Hasil belajar siswa kelas VIB SDN Landungsari 1 belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditentukan. Selain dampak dari pasca pandemi covid-19, penyebab rendahnya nilai belajar siswa adalah model pembelajaran. Model pembelajaran harus mengikuti perkembangan zaman. Salah satu model pembelajaran adalah pembelajaran kooperatif model mind mapping yang merupakan model pembelajaran inovatif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan langkah-langkah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi pada setiap siklusnya. Hasil belajar siklus 1 menunjukkan rerata nilai afektif, psikomotorik, dan kognitif masing-masing adalah 79,80, 62,50, dan 73,84. Hasil belajar siklus 2 menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan hasil belajar pada observasi awal dan siklus 1 dengan rata-rata nilai afektif, psikomotor, dan kognitif masing-masing adalah 98, 93,75, dan 86,92. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Referensi
Buzan, Tony. (2007). Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Istiqomah, R. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V SDN 2 Sidoharjo Pringsewu (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Kemmis, S. and Mc Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.
Marxy, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(2), 173-182.
Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617-2625.
Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191-1197.
Rifanty, E. (2019). Peningkatan Keaktifan Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Peserta Didik Kelas VB SD Muhammadiyah Condongcatur. Jurnal PTK Pendidikan Profesi Guru Prajabatan 2018.
Silviriyanti, D. (2010). Penerapan pembelajaran kooperatif model think-pair-share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIID semester II SMP Negeri 20 Malang. Penerapan pembelajaran kooperatif model think-pair-share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIID semester II SMP Negeri 20 Malang/Desis Silviriyanti.
Widodo, W., & Widayanti, L. (2013). Peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan metode problem based learning pada siswa kelas viia mts negeri donomulyo kulon progo tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia UGM, 17(49), 80105.
Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175-196.
Winataputra Udin S, dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas terbuka.
Zahro, F., Degeng, I. N. S., & Mudiono, A. (2018). Pengaruh model pembelajaran student team achievement devision (STAD) dan mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(2), 196.