STRATEGI EFEKTIF DALAM PENGAJARAN DI SEKOLAH DASAR MELALUI PEMETAAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v5i2.5332Kata Kunci:
Karakteristik siswa, Pemetaan, Strategi pengajaranAbstrak
Tulisan ini menggali strategi pengajaran yang efektif di sekolah dasar melalui pemetaan karakteristik peserta didik. Memahami karakteristik peserta didik yang beragam sangat penting untuk merancang pengalaman belajar yang inklusif dan efektif. Tulisan ini meneliti aspek-aspek utama karakteristik peserta didik, termasuk fisik, intelektual, emosional, sosial, moral, spiritual, bakat/minat, dan latar belakang keluarga/budaya. Dengan memetakan aspek tersebut, pendidik dapat memberikan pengajaran dengan lebih baik untuk memenuhi berbagai kebutuhan peserta didik. Tulisan ini menyoroti strategi pengajaran yang efektif untuk menerapkan pemetaan karakteristik peserta didik. Strategi ini disebut dengan pembelajaran berdiferensiasi, yang memungkinkan pendidik untuk menyesuaikan konten, proses, dan produk berdasarkan gaya belajar, kesiapan, dan minat peserta didik. Tulisan ini membahas urgensi pemetaan karakteristik peserta didik dalam pendidikan dasar, di mana keterampilan dan sikap dasar dikembangkan. Tulisan ini menguraikan langkah-langkah khusus untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, termasuk mengidentifikasi peserta didik secara mendalam, perencanaan pelajaran, pemilihan metode, dan evaluasi berkelanjutan. Studi kasus dari sekolah dasar menunjukkan dampak positif melalui pendekatan ini pada keterlibatan peserta didik dan peningkatan hasil belajar. Secara keseluruhan, pemetaan karakteristik siswa memberikan dasar untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih responsif, inklusif, dan berpusat pada peserta didik sekolah dasar.Referensi
Azzahra, S. & Sya, M. F. (2023). Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(1), 329-338.
Bahri, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Gramedia.
Dewi, I .L. (2024). Analisis Karakteristik dan Kebutuhan Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pengembangan Modul Ajar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 279-284.
Elviya, D. D. & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. JPGSD, 11(08), 1780-1793.
Hadi, S. (2021). Pendidikan dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 134-148.
Hadimiarso, H. (2022). Karakteristik Peserta Didik: Pola Perilaku dan Kemampuan dalam Pendidikan. Jakarta: Pendidikan Press.
Hanifah, H., Susansi, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku dan Karakteristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Manazhim: Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 105-117.
Jacobs, G. M., Lie, A., & Tamah, S. M. (2020). Cooperative learning through a reflective lens. Equinox Publishing.
Kartadinata, S. (2018). Teori Bimbingan dan Konseling. Bandung: Alfabeta.
Kartadinata, S. (2022). Teori Perkembangan Kognitif dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kesuma, D. (2020). Pendidikan Karakter: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Komalasari, M. D. (2023). Pemetaan Kebutuhan Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Miarso, Y. (2022). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Prenada Media Group.
Musfiroh, T. (2020). Strategi Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: UNY Press.
Priyatama, E. (2023). Membangun Karakter Bangsa melalui Pendidikan. Surabaya: Airlangga University Press.
Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2(1), 34-54.
Rosiyani, A. I., Aqilah Salamah, Lestari, C. A., Anggraini, S., & ab, W. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 1-10.
Septianti, N. & Afiani, R. (2020) Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 7-17.
Suherman, R. (2021). Metodologi Pendidikan yang Adaptif. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2022). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek (Edisi Terbaru). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, N. S. (2023). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sutrisno, A. (2022). Pengelolaan Kelas dan Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Suyanto. (2023). Menciptakan Lingkungan Belajar Inklusif Melalui Pemahaman Karakteristik Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan, 15(1), 28-45.
Tilaar, H. A. R. (2022). Pedagogik Teoretis untuk Indonesia. Jakarta: Kompas Media Nusantara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ikmal Choirul Huda, Mega Renny Kumalasari
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.