PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA DAN DRILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI OPERASI PERKALIAN PADA SISWA KELAS III MI NU MIFTAHUT THOLIBIN MEJOBO KUDUS
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v2i2.501Kata Kunci:
learning outcomesAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi operasi perkalian matematika siswa dengan menggunakan metode drill dan metode Jarimatika. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Miftahut Tholibin Mejobo Kudus sebanyak 17 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode drill dan metode jarimatika dalam materi operasi hitung perkalian matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan yaitu siklus I (64%) dengan nilai rata-rata 68,82, sedangkan pada siklus II (88%) dengan nilai rata-rata 87,64 dan dinyatakan berhasil secara klasikal 88%.Referensi
Ahmad, A. (1986). Metode Khusus Pendidikan Agama. Bandung: Cv Amrico.
Anitah, Sri. (2009). Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Bahri, Djamarah. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Heppy, Dessy, Pratiwi Soleh, Zaenal Abidin, and Jati Ariati. (2009). “Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Tunanetra Sekolah Dasar SLB Negeri 1 Pemalang.†Jurbnal Psikologi Undip Vol. 10, N: 115–25.
Himmah, Khusnul, Jamal Makmur, and Latifah Nuraini. (2021). “Efektivitas Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa.†Dawuh Guru Jurnal Pendidikan MI/Sd 1 (1): 57–68.
Jaelani, Aceng, and Siti Aisyah. (2017). “Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Pada Siswa Kelas III MIN Kota Cirebon.†Al Ibtida Jurnal Pendidikan Guru MI 4 (1): 87–96.
Maijuati, Nurfani, and Riandi Syah Putra. (2021). “Penggunaan Metode Jarimatika Perkalian Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Warga Masyarakat Penyandang Buta Aksara Di Pkbm Bangkit Aceh Kabupaten Aceh Besar.†Jurnal AKRAB XII (I): 10–17.
Nasution, Tetty Khairani, and Edy Surya. (2016). “Penerapan Teknik Jarimatika Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Bilangan.†Union Jurnal Pendidikan Matematika 4 (2): 239–52.
Nurbaya, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penyelesaian Masalah Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Kelas VI SDN 19 Cakranegara. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 106–113.
Peni Wulandari, Septi. (2008). Jarimatika Perkalian Dan Pembagian. Jakarta: Kawan Pustaka.
Prasetyono, Dwi Sunar; Dkk. (2008). Pintar Jarimatika. Yogyakarta: Diva Press.
Santi, Aprilia, and Erlina Prihatnani. (2018). “Perbandingan Metode Drill Dan Metode Discovery Learning Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika.†Prisma, Prosiding Smeinar Nasional Matematika 1: 943–53.
Sudarsih, A. (2021). Penerapan Strategi Discovery Learning dengan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Aktivitas Bertanya dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VI B SDN 19 Cakranegara Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 114–120.
Sitio, Tiarmina. (2017). “Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu.†Jurnal Primary 6 (September): 146–56.
Thoiyyibah, Dzurriyatin. (2020). “Metode Jaritmatika Untuk Melatih Kemampuan Berhitung Penjumlahan Dan Pengurangan Peserta Didik Kelas 2 SD.†Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara 2: 231–41.