PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 15 MATARAM

Penulis

  • Fitratunnisah Fitratunnisah PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Ida Bagus Kade Gunayasa PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Moh. Irawan Zain PGSD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v3i2.497

Kata Kunci:

Debat Aktif, keterampilan berbicara

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Active Debate Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN 15 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan ialah Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi pada penelitian ini berjumlah 41 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Uji normalitas dilakukan dengan perhitungan data berupa tes keterampilan berbicara  pre-test dan post-test menggunakan rumus kolmogrov smirnov dengan taraf  sig  5% (0,05) kemudian setelah data berdistribusi normal dilakukan uji homogenitas yang diperoleh dari hasil perhitungan post-test, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji t menggunakan perhitungan data post-test siswa. Hasil analisis data didapatkan nilai sig 2 tailed sebesar 0,016 yang nilainya kurang dari 0,05, maka berdasarkan hipotesis penelitian, jika nilai sig 2 tailed ≤ 0,05 t-tabel maka Ho ditolak dan Hâ‚ diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Active Debate Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN 15 Mataram Tahun Pelajaran 2021. Dengan penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan  dirujuk untuk penelitian selanjutnya, pada  mata pelajaran yang berbeda

Referensi

Habibah, U., Pravitasari, D., & Rodin, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Active Debate Terhadap Keterampilan Berbicara. FingeR: Journal of Elementary School, 1(2), 99-107.

Hamdini, M. W., Khairunnisa, K., & Setiawan, H. (2021). Pengaruh Model Time Token Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN Prayitna Kecamatan Praya. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 80-87.

Hijayanti, A. N., & Rezania, V. (2021). The Effectiveness of the Active Debate Method on Speaking Skills in the Social Sciences Subject of Elementary School Students. Indonesian Journal of Education Methods Development, 14, 1-4.

Ilham, M., & Wijiati, I. A. (2020). Keterampilan Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Lembaga Academic & Research Institute.

Musaddat, S. (2015). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Mataram: Universitas Mataram.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet

Susanti, T. C., Saputra, H. H., & Setiawan, H. (2021). Pengaruh Metode Artikulasi Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III SDN 28 Cakranegara. Renjana Pendidikan Dasar, 1(1), 44-49.

Susanti, R. (2021) Pengaruh Strategi Active Debate (Debat Aktif) Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Inpres 1 Maria Kecamatan Wawo Kabupaten Bima. S1 thesis, Universitas Mataram.

Tambunan, P. (2018). Pembelajaran keterampilan berbicara di sekolah dasar. Jurnal Curere, 2(1).

Wening, A. S. A., & Rubiyanto, R. (2014). Peningkatan Kemampuan Berbicara IPS Melalui Strategi Pembelajaran Active Debate Pada Siswa Kelas IV SDN Agungmulyo Tahun Pelajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Diterbitkan

2022-12-22

Cara Mengutip

Fitratunnisah, F., Gunayasa, I. B. K., & Zain, M. I. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 15 MATARAM. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 3(2), 145–152. https://doi.org/10.29303/pendas.v3i2.497

Terbitan

Bagian

Articles