POLICY BRIEF: RATA-RATA LAMA SEKOLAH PENDIDIKAN DASAR DAN UPAYA PENINGKATANNYA DI KABUPATEN ASMAT, PROVINSI PAPUA SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v4i1.4710Kata Kunci:
Education in Asmat Regency, educational challenges, geographical and social factors, Implementation of education policiesAbstrak
Artikel ini menjelajahi tantangan pendidikan di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan, yang terkendala oleh faktor geografis dan sosial. Artikel ini menganalisis kondisi pendidikan di Kabupaten Asmat, menyoroti rendahnya rata-rata lama sekolah (RLS) dan permasalahan geografis yang memengaruhi akses. Data menunjukkan bahwa sebagian besar anak Asmat hanya menyelesaikan pendidikan dasar, disebabkan oleh penyebaran jenjang pendidikan yang tidak merata dan keterbatasan akses transportasi. Faktor lain yang memengaruhi pendidikan meliputi kekurangan pendidik dan fasilitas sekolah yang minim. Analisis tren RLS menunjukkan bahwa pencapaian wajib belajar sembilan tahun masih jauh dari target pemerintah. Sebagai respons, disusun program kebijakan untuk meningkatkan RLS di Asmat, melibatkan pembangunan asrama, bantuan pendidikan, beasiswa, pembangunan gedung sekolah, rumah dinas, serta penataan dan pemerataan guru dan tenaga kependidikan. Meskipun rencana ini holistik, pemantauan dan evaluasi yang efektif menjadi kunci kesuksesan implementasinya. Sejalan dengan potensi pembangunan Papua Selatan, artikel ini berharap langkah-langkah ini dapat membantu meningkatkan akses dan kualitas pendidikan di Kabupaten AsmatReferensi
AntaranewsPapua. (2018). Pemkab Asmat genjot pembangunan rumah sakit baru. https://papua.antaranews.com/berita/470484/pemkab-asmat-genjot-pembangunan-rumah-sakit-baru
BPK RI. (2022). UU No. 14 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Selatan [JDIH BPK RI]. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/217796/uu-no-14-tahun-2022
BPS. (2024). Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/
dapo.kemdikbud.go.id. (2024). Data Sekolah Kab. Asmat - Dapodikdasmen. https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/2/251500
Ghofar Ismail, M., Khoiriyah, S., & Surakarta, I. (2020). PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN INTELEKTUAL BAGI SISWA DI ASRAMA MAN 2 BOYOLALI. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 8(2), 236. https://doi.org/10.31942/PGRS.V8I2.3959
Ing, A. A. (2015). STUDI TENTANG PEMBANGUNAN BIDANG PENDIDIKAN DI DAERAH PERBATASAN KECAMATAN KAYAN HULU KABUPATEN MALINAU. Pemerintahan Integratif, 3(4), 545–559.
Kaanubun, B. (2022). Cerita Masyarakat: Bersama Menghadapi Masalah Pendidikan di Asmat | Wahana Visi Indonesia. https://wahanavisi.org/id/media-materi/cerita/detail/cerita-masyarakat-bersama-menghadapi-masalah-pendidikan-di-asmat
Metarum, M. F. H. (2019). OPTIMALISASI PROGRAM ASRAMA SISWA DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MTSN 1 KOTA MALANG. https://eprints.umm.ac.id/59204/
Muniroh, J., & Muhyadi, M. (2017). Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 161–173. https://doi.org/10.21831/AMP.V5I2.8050
Pemerintah Kabupaten Asmat. (2024). Pemerintah Kabupaten Asmat - Papua, Indonesia. https://www.asmatkab.go.id/gallery/peta-daerah
Pemkab Asmat. (2024). Pemerintah Kabupaten Asmat - Papua, Indonesia | Pemkab Asmat Terapkan Dua Strategi Pendidikan. https://www.asmatkab.go.id/article/pemkab-asmat-terapkan-dua-strategi-pendidikan
Peraturan Bupati Asmat. (2022). Peraturan Bupati Asmat No. 41 Tahun 2021.
Pradana, F. A. (2019). PEMBERIAN BEASISWA STUDI OLEH INSTITUSI PENDIDIKAN: BEBAN ATAU INVESTASI? 3(2), 104–145. https://ejamm.stiemadani.ac.id/FILE/20191004084809Jurnal%205.pdf
Rangga, A. (2017). POTRET PENDIDIKAN DI ASMAT | Fransiskan Papua. https://fransiskanpapua.org/2017/04/28/potret-pendidikan-di-asmat/
Republika. (2022). Anak-Anak Suku Asmat Masih Terkendala Mengakses Pelayanan Pendidikan | Republika Online. https://www.republika.co.id/berita/rdtrm8485/anakanak-suku-asmat-masih-terkendala-mengakses-pelayanan-pendidikan
Ruaida, R., Syahri, A., & Munirawati, M. (2020). PEMANFAATAN BANTUAN BIAYA PENDIDIKAN PEMERINTAH KOTA OLEH SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI SABANG. Jurnal Sain Ekonomi Dan Edukasi (JSEE), 8(1). http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jsee/article/view/541
Sambo, M. S. (2022, December 12). OPINI: Mendirikan Sekolah Saja Tak Cukup untuk Asmat - Opini Liputan6.com. Liputan6. https://www.liputan6.com/opini/read/5151485/opini-mendirikan-sekolah-saja-tak-cukup-untuk-asmat#google_vignette
Sumule, A. I., Moudow, J., Bauw, L., Sidik, M., Nurkholis, & Chalil, T. M. (2022). Kajian Peningkatan Pelayanan Pendidikan Berkualitas Pada Tingkat Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Provinsi Papua Dan Papua Barat. Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK).
Supriyadi, S. (2021). OPTIMALISASI PROGRAM PEMBELAJARAN ASRAMA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMP AL-ANWAR SARANG. http://repository.unissula.ac.id/22804/
Tribun Papua. (2022). Profil Kabupaten Asmat yang Masuk dalam DOB Papua Selatan. https://papua.tribunnews.com/2022/07/29/profil-kabupaten-asmat-yang-masuk-dalam-dob-papua-selatan
Wijaya, A. H. C. (2016). Kajian Pengelolaan Dana Otonomi Khusus di Kabupaten Asmat. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 1(1). https://www.neliti.com/publications/217594/kajian-pengelolaan-dana-otonomi-khusus-di-kabupaten-asmat#cite
Wikipedia. (2024). Daftar distrik dan kampung di Kabupaten Asmat. https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_distrik_dan_kampung_di_Kabupaten_Asmat