POLICY BRIEF: RATA-RATA LAMA SEKOLAH PENDIDIKAN DASAR DAN UPAYA PENINGKATANNYA DI KABUPATEN ASMAT, PROVINSI PAPUA SELATAN

Penulis

  • Agus Kichi Hermansyah Universitas Musamus Merauke
  • Tobias Nggaruaka Universitas Musamus Merauke
  • Adi Sumarsono Universitas Musamus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v4i1.4710

Kata Kunci:

Education in Asmat Regency, educational challenges, geographical and social factors, Implementation of education policies

Abstrak

Artikel ini menjelajahi tantangan pendidikan di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan, yang terkendala oleh faktor geografis dan sosial. Artikel ini menganalisis kondisi pendidikan di Kabupaten Asmat, menyoroti rendahnya rata-rata lama sekolah (RLS) dan permasalahan geografis yang memengaruhi akses. Data menunjukkan bahwa sebagian besar anak Asmat hanya menyelesaikan pendidikan dasar, disebabkan oleh penyebaran jenjang pendidikan yang tidak merata dan keterbatasan akses transportasi. Faktor lain yang memengaruhi pendidikan meliputi kekurangan pendidik dan fasilitas sekolah yang minim. Analisis tren RLS menunjukkan bahwa pencapaian wajib belajar sembilan tahun masih jauh dari target pemerintah. Sebagai respons, disusun program kebijakan untuk meningkatkan RLS di Asmat, melibatkan pembangunan asrama, bantuan pendidikan, beasiswa, pembangunan gedung sekolah, rumah dinas, serta penataan dan pemerataan guru dan tenaga kependidikan. Meskipun rencana ini holistik, pemantauan dan evaluasi yang efektif menjadi kunci kesuksesan implementasinya. Sejalan dengan potensi pembangunan Papua Selatan, artikel ini berharap langkah-langkah ini dapat membantu meningkatkan akses dan kualitas pendidikan di Kabupaten Asmat

Referensi

AntaranewsPapua. (2018). Pemkab Asmat genjot pembangunan rumah sakit baru. https://papua.antaranews.com/berita/470484/pemkab-asmat-genjot-pembangunan-rumah-sakit-baru

BPK RI. (2022). UU No. 14 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Selatan [JDIH BPK RI]. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/217796/uu-no-14-tahun-2022

BPS. (2024). Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/

dapo.kemdikbud.go.id. (2024). Data Sekolah Kab. Asmat - Dapodikdasmen. https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/2/251500

Ghofar Ismail, M., Khoiriyah, S., & Surakarta, I. (2020). PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN INTELEKTUAL BAGI SISWA DI ASRAMA MAN 2 BOYOLALI. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 8(2), 236. https://doi.org/10.31942/PGRS.V8I2.3959

Ing, A. A. (2015). STUDI TENTANG PEMBANGUNAN BIDANG PENDIDIKAN DI DAERAH PERBATASAN KECAMATAN KAYAN HULU KABUPATEN MALINAU. Pemerintahan Integratif, 3(4), 545–559.

Kaanubun, B. (2022). Cerita Masyarakat: Bersama Menghadapi Masalah Pendidikan di Asmat | Wahana Visi Indonesia. https://wahanavisi.org/id/media-materi/cerita/detail/cerita-masyarakat-bersama-menghadapi-masalah-pendidikan-di-asmat

Metarum, M. F. H. (2019). OPTIMALISASI PROGRAM ASRAMA SISWA DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MTSN 1 KOTA MALANG. https://eprints.umm.ac.id/59204/

Muniroh, J., & Muhyadi, M. (2017). Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 161–173. https://doi.org/10.21831/AMP.V5I2.8050

Pemerintah Kabupaten Asmat. (2024). Pemerintah Kabupaten Asmat - Papua, Indonesia. https://www.asmatkab.go.id/gallery/peta-daerah

Pemkab Asmat. (2024). Pemerintah Kabupaten Asmat - Papua, Indonesia | Pemkab Asmat Terapkan Dua Strategi Pendidikan. https://www.asmatkab.go.id/article/pemkab-asmat-terapkan-dua-strategi-pendidikan

Peraturan Bupati Asmat. (2022). Peraturan Bupati Asmat No. 41 Tahun 2021.

Pradana, F. A. (2019). PEMBERIAN BEASISWA STUDI OLEH INSTITUSI PENDIDIKAN: BEBAN ATAU INVESTASI? 3(2), 104–145. https://ejamm.stiemadani.ac.id/FILE/20191004084809Jurnal%205.pdf

Rangga, A. (2017). POTRET PENDIDIKAN DI ASMAT | Fransiskan Papua. https://fransiskanpapua.org/2017/04/28/potret-pendidikan-di-asmat/

Republika. (2022). Anak-Anak Suku Asmat Masih Terkendala Mengakses Pelayanan Pendidikan | Republika Online. https://www.republika.co.id/berita/rdtrm8485/anakanak-suku-asmat-masih-terkendala-mengakses-pelayanan-pendidikan

Ruaida, R., Syahri, A., & Munirawati, M. (2020). PEMANFAATAN BANTUAN BIAYA PENDIDIKAN PEMERINTAH KOTA OLEH SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI SABANG. Jurnal Sain Ekonomi Dan Edukasi (JSEE), 8(1). http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jsee/article/view/541

Sambo, M. S. (2022, December 12). OPINI: Mendirikan Sekolah Saja Tak Cukup untuk Asmat - Opini Liputan6.com. Liputan6. https://www.liputan6.com/opini/read/5151485/opini-mendirikan-sekolah-saja-tak-cukup-untuk-asmat#google_vignette

Sumule, A. I., Moudow, J., Bauw, L., Sidik, M., Nurkholis, & Chalil, T. M. (2022). Kajian Peningkatan Pelayanan Pendidikan Berkualitas Pada Tingkat Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Provinsi Papua Dan Papua Barat. Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK).

Supriyadi, S. (2021). OPTIMALISASI PROGRAM PEMBELAJARAN ASRAMA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMP AL-ANWAR SARANG. http://repository.unissula.ac.id/22804/

Tribun Papua. (2022). Profil Kabupaten Asmat yang Masuk dalam DOB Papua Selatan. https://papua.tribunnews.com/2022/07/29/profil-kabupaten-asmat-yang-masuk-dalam-dob-papua-selatan

Wijaya, A. H. C. (2016). Kajian Pengelolaan Dana Otonomi Khusus di Kabupaten Asmat. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 1(1). https://www.neliti.com/publications/217594/kajian-pengelolaan-dana-otonomi-khusus-di-kabupaten-asmat#cite

Wikipedia. (2024). Daftar distrik dan kampung di Kabupaten Asmat. https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_distrik_dan_kampung_di_Kabupaten_Asmat

Diterbitkan

2024-06-06

Cara Mengutip

Hermansyah, A. K., Nggaruaka, T., & Sumarsono, A. (2024). POLICY BRIEF: RATA-RATA LAMA SEKOLAH PENDIDIKAN DASAR DAN UPAYA PENINGKATANNYA DI KABUPATEN ASMAT, PROVINSI PAPUA SELATAN. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.29303/pendas.v4i1.4710

Terbitan

Bagian

Articles