PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS DI SD NEGERI 1 TAMAN AYU)
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v2i2.369Kata Kunci:
Problematika, Guru SD, Media PembelajaranAbstrak
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan gambaran problematika guru dalam menggunakan media pembelajaran pada kurikulum 2013 di SDN 1 Taman Ayu Kecamatan Gerung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data Model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami oleh guru diantaranya; 1) kesulitan guru dalam memilih media yang akan digunakan. 2) Kesulitan guru dalam menggunakan media pembelajaran 3) Kesulitan guru dalam melakukan evaluasi penggunaan media pembelajaran. cara guru mengatasi kendala tersebut yaitu melakukan kegiatan refleksi untuk mengemablikan konsentrasi belajar siswa, menggunakan buku siswa, memberikan bimbingan khusus bagi siswa yang memiliki kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, melakukan evaluasi media dilain waktu. Dapat disimpulkan bahwa guru di SDN 1 Taman Ayu Kecamatan Gerung mengalami problematika dalam menggunakan media pembelajaran pada kurikulum 2013.Referensi
Arsyad, Azhar. (2014.) Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005. Tentang Guru Dan Dosen, Jakarta: Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007. Tentang Hari Sekolah, Jakarta: Depdiknas.
Hartati, Y., Ilhamdi, M. L., & Khair, B. N. (2021). Proses Penggunaan Media Pembelajaran Montessori Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Untuk Siswa Kelas 1 SD. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 2(1), 67 - 71. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.103
Kinasih, A. M., & Risminawati, M. P. (2017). Problematika Guru Dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran Di SD Muhammadiyah 14 Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Kustandi, dan Sutjipto. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Lutfi, Sudirman, Pramitha. (2013). Sisi Lain Kebijakan Profesionalisme Guru: Optik Hukum, Implementasi dan Rekonsepsi. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).
Milles, B. Mathew B. & Huberman. M. (1992). Analisis data kualitatif. Jakarta: UI-Press
Moleong, Lexy. (2000). Metodologi Penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pramita, Ricky. (2010). Problematika Guru dalam Membuat Media Pembelajaran (Studi kasus SMA Negeri di kota Malang):32-33
Purwandari, Apriliana. (2014). Penilaian Autentik pada Mata Pelajaran Matematika Kurikulum 2013 Guru kelas IV Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (2), 41
Rahmiga, Suci. (2019). Kurangnya Sarana Dan Prasarana Belajar Di Sekolah. INA-Rxiv, December, 6.
Rubini, B., Permanasari, A., & Yuningsih, W. (2018). Learning multimedia based on science literacy on the lightning theme. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 4(2), 89-104.
Sadiman, Rahardjo dan Haryono. (2014). Media pendidikan : pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Septi D, Desy E. (2019). Problematika Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ips Di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kota Bengkulu.
Sudjana, N. dan Rivai, A. (2015). Media Pengajaran. Bandung: Penerbit Sinar Baru
Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Sumantri, P. (1999). Strategi Belajar Mengajar . Jakarta: Depdibud
Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Untari, Esti. (2017). Problematika Guru dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Sekolah Dasar di Kota Blitar.Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar.
Wulantari, V., Ermiana, I., & Oktaviyanti, I. (2021). Analisis Kesulitan Guru Dalam Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Gugus 1 Kecamatan Gerung. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 2(1), 72 - 81. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.104