ANALISIS FAKTOR KESULITAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DI SDN 05 AMPENAN

Penulis

  • Miftahul Jannah Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram , Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Nurul Kemala Dewi , PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Itsna Oktaviyanti , PGSD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.100

Kata Kunci:

Teacher difficualty factor, Lesson Plan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor kesulitan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SDN 05 Ampenan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian  deskriptif naratif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data Model Milles dan Huberman yang terdiri atas, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami oleh guru dalam menyusun dan mengembangkan beberapa komponen RPP  diantaranya: (1) merumuskan indikator pencapaian kompetensi, (2) menentukan model dan metode pembelajaran, (3) menentukan media pembelajaran dan (4) penilaian. Beberapa bentuk kesulitan tersebut dipengaruhi karena beberapa faktor antara lain: (1) pemahaman guru dalam menyusun RPP, (2) kemampuan guru dalam menggunakan IT, (3) ketersediaan waktu, (4) karakteristik siswa.

Diterbitkan

2021-06-04

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

ANALISIS FAKTOR KESULITAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DI SDN 05 AMPENAN. (2021). JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 2(1), 42-50. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.100

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama