Main Article Content

Nur Ika
Nurhasanah Nurhasanah
I Nyoman Karma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IV SD Negeri 3 Maria tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Subjek dalam penelitian adalah seluruh siswa kela IV SDN 3 Maria. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji anova satu jalur dengan bantua SPSS 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peroleh Fhitung sebesar 4.617 dan nilai sig 0.00 < 0.05 maka dapat dinyatakan  bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 3 Maria Tahun Pelajaran 2020/2021. Sehingga pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar IPS berada pada kategori sedang.

Article Details

How to Cite
Ika, N., Nurhasanah, N., & Karma, I. N. (2022). PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 3 MARIA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 3(2), 128 - 135. https://doi.org/10.29303/pendas.v3i2.488
References
Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Andini, D. A. P., & Oktaviyanti, I. (2020). Pengaruh Metode Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Muatan IPS Kelas V SDN Gugus 4 Mataram Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 2(1), 38-44.
Darmawan, Ricky. (2015): Pengaruh Minat Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Perestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN 1 Wonolopo. Fkip Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Gustina, Hazar. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada mata pelajaran Matematika di SDN 68 Kota Bengkulu. IAIN Bengkulu.
Hamalik, Oemar. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Lestari, Y., Safruddin, S., & Setiawan, H. (2022). Hubungan Perhatian Orang Tua terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Gugus III Kecamatan Selaparang dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 405-408.
Purwanto. (2016). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sari, Arsita, Ressa. (2014). Hubungan Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar IPS di SD Gugus 1 Kabupaten Kepahiang.FKIP Universitas Bengkulu.
Solehah, N. N., Saputra, H. H., & Setiwan, H. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 20 Ampenan pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 229-235.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tohirudin, A., Darmiany, D., Husniati, H., & Widiada, I. K. (2022). Hubungan Kecerdasan Interpersonal Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Gugus 3 Kopang. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 10(1), 35-45.
Tullah, N. H., Widiada, I. K., & Tahir, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Animasi terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 3 Rumak Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 821-826.
Zain, U. N. I., Affandi, L. H., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 71-74.