HUBUNGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1V SDN GUGUS 2 KECAMATAN PEMENANG KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.65Keywords:
Teacher's Communication Ability, Learning Motivation in Indonesian Language SubjectsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berkomunikasi guru dengan motivasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Gugus 2 Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara tahun pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 142 siswa. Sampel sebanyak 104 siswa yang diambil dengan teknik probability proportional random sampling dan besar sampel digunakan rumus Slavin. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment, hasil analisis data didapatkan r hitung sebesar 0,444 dan r tabel sebesar 0.1909 (r hitung ≥ r tabel) maka Ha di terima dan Ho di tolak, artinya ada Hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berkomunikasi guru dengan motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Gugus 2 Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan kategori sedang.References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti Arin Nur, 2012. Hubungan Kemampuan Berkomunikasi Guru dengan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal penelitian 2012:85. Yogyakarta: FKIP UNY.
Uno, Hamzah B, 2016. Teori Motivasi Belajar dan Pengukurannya. Gorontalo: Bumi Aksara.
Daryanto, 2015. Teori Komunikasi. Malang: Gava Media.
Depdiknas, 2006. Permendiknas No 20 Tahun 2003 pasal 3 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas.
Hadi Sutrisno. 2016. Statistik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Keraf Gorys. 1970. Komposisi. Jakarta: Nusa Indah.
Sardiman. 2016. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Press
Saputra Haditya. 2013. Studi Tentang Kemampuan Berkomunikasi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Kegiatan Belajar Mengajar,Fisipol: Samarinda.
Sugiyono, 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta Bandung.
Sukardi, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Syatra, Nuni Y. 2016. Desain Relasi Efektif Guru dan Murid. Jogjakarta: Buku biru.
Astuti Arin Nur, 2012. Hubungan Kemampuan Berkomunikasi Guru dengan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal penelitian 2012:85. Yogyakarta: FKIP UNY.
Uno, Hamzah B, 2016. Teori Motivasi Belajar dan Pengukurannya. Gorontalo: Bumi Aksara.
Daryanto, 2015. Teori Komunikasi. Malang: Gava Media.
Depdiknas, 2006. Permendiknas No 20 Tahun 2003 pasal 3 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas.
Hadi Sutrisno. 2016. Statistik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Keraf Gorys. 1970. Komposisi. Jakarta: Nusa Indah.
Sardiman. 2016. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Press
Saputra Haditya. 2013. Studi Tentang Kemampuan Berkomunikasi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Kegiatan Belajar Mengajar,Fisipol: Samarinda.
Sugiyono, 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta Bandung.
Sukardi, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Syatra, Nuni Y. 2016. Desain Relasi Efektif Guru dan Murid. Jogjakarta: Buku biru.
Downloads
Published
20-12-2020
How to Cite
Ilmiah, K., Witono, A. H., & Karma, I. N. (2020). HUBUNGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1V SDN GUGUS 2 KECAMATAN PEMENANG KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 1(2), 90–96. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.65
Issue
Section
Articles