Penggunaan Metode Bermain Sambil Belajar dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Berhitung pada Anak SD di Desa Limbang Jaya II

Penulis

Dhea Fitri Rahmayani , Sawi Sujarwo

DOI:

10.29303/jpimi.v4i2.6206

Diterbitkan:

31-08-2025

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2025): Edisi Agustus

Kata Kunci:

bermain sambil belajar, membaca, berhitung, desa Limbang jaya II

Articles

Unduhan

Cara Mengutip

Rahmayani, D. F., & Sujarwo, S. (2025). Penggunaan Metode Bermain Sambil Belajar dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Berhitung pada Anak SD di Desa Limbang Jaya II. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia , 4(2), 167–172. https://doi.org/10.29303/jpimi.v4i2.6206

Abstrak

Pendidikan dasar memegang peranan penting dalam membentuk fondasi kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik anak. Pada jenjang sekolah dasar, keterampilan membaca dan berhitung merupakan kemampuan mendasar yang menjadi prasyarat bagi penguasaan berbagai disiplin ilmu di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Metode yang digunakan yaitu bermain sambil belajar dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil pengabdian masyarakat mendapatkan bahwasannya metode bermain sambil belajar terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca dan berhitung pada anak-anak sekolah dasar. Peningkatan keterampilan membaca ditunjukkan melalui kemampuan anak-anak membaca dengan lancar, memahami teks sederhana, dan meningkatkan kepercayaan diri dalam membaca. Sementara itu, peningkatan keterampilan berhitung terlihat dari kemampuan anak-anak memahami konsep angka, operasi matematika sederhana, serta penyelesaian soal dengan pendekatan yang kreatif. Selain itu, metode ini juga berhasil meningkatkan motivasi belajar anak-anak, yang terlihat dari antusiasme dan partisipasi aktif mereka selama program berlangsung.

Biografi Penulis

Dhea Fitri Rahmayani, Universitas Bina Darma

Sawi Sujarwo, Universitas Bina Darma

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.