Strategi Motivasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Anak PAUD di Desa Tanjung Tambak

Authors

  • Nuszep Almigo Program Studi Psikologi, Universitas Bina Darma Palembang
  • Renza Anjelina Sonda Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpimi.v4i1.6132

Keywords:

strategi motivasi, minat, PAUD, Desa Tanjung Tambak

Abstract

Pendidikan anak usia dini memainkan peranan fundamental dalam membangun dasar kepribadian, pola pikir, dan kecerdasan emosional anak. Pada fase ini, otak anak berkembang sangat cepat, sehingga mereka membutuhkan stimulasi yang tepat untuk memaksimalkan potensi diri. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat yaitu observasi diterapkan untuk mengamati langsung kondisi pembelajaran dan wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam dari narasumber yang memiliki pengetahuan langsung mengenai kondisi pendidikan di PAUD Desa Tanjung Tambak. Hasil kegiatan pengabdian Masyarakat bahwa Kolaborasi antara orang tua dan guru menjadi elemen kunci dalam membangun lingkungan belajar yang optimal bagi anak. Dengan komunikasi rutin, kedua pihak dapat berbagi informasi mengenai perkembangan anak, baik di rumah maupun di sekolah dan Dukungan emosional dari orang tua memberikan dampak besar terhadap motivasi dan perkembangan anak dalam belajar dan Penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan aktivitas interaktif menjadi cara efektif untuk meningkatkan minat anak dalam belajar.

Published

2025-02-07

How to Cite

Almigo, N., & Sonda, R. A. (2025). Strategi Motivasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Anak PAUD di Desa Tanjung Tambak. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia , 4(1), 45–52. https://doi.org/10.29303/jpimi.v4i1.6132

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.