Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran PPKn Berbasis Teknologi (Pendampingan Pada Guru PPKn di SMPN 16 Mataram )

Penulis

Rispawati Rispawati , Yuliatin Yuliatin , Muhammad Mabrur Haslan , Edy Kurniawansyah

DOI:

10.29303/jpimi.v3i2.5808

Diterbitkan:

2024-12-13

Terbitan:

Vol 3 No 2 (2024): Edisi Agustus

Kata Kunci:

Aplikasi Kahoot, Media Pembelajaran, Teknologi

Articles

Unduhan

Cara Mengutip

Rispawati, R., Yuliatin, Y., Haslan, M. M., & Kurniawansyah, E. (2024). Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran PPKn Berbasis Teknologi (Pendampingan Pada Guru PPKn di SMPN 16 Mataram ). Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia , 3(2), 115–122. https://doi.org/10.29303/jpimi.v3i2.5808

Abstrak

Perkembangan teknologi menuntut perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, tidak terkecuali aspek Pendidikan. Dalam hal ini, guru ditutut memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi sebagai media dalam pembelajaran. Salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan guru sebagai media pembelajaran adalah aplikasi Kahoot. Aplikasi ini dapat menjadi pilihan media berbasis teknologi yang menarik karena dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Namun demikian di sisi lain, tidak semua guru PPKn memiliki kemampuan dalam menggunakan aplikasi Kahoot sebagai media pembelajaran PPKn, termasuk di dalamnya adalah guru PPKn di SMPN 16 Mataram. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan sangatlah  penting dan bermanfaat, yaitu dapat meningkatkan kemampuan guru PPKn di SMPN 16 Mataram dalam menggunakan aplikasi Kahoot sebagai media pembelajaran berbasis teknologi. Luaran kegiatan pengabdian ini terdiri dari luaran wajib dan luaran tambahan. Luaran wajib yaitu artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal nasional ber-ISSN, mengikuti seminar Pepadu yang diselenggarakan oleh LPPM. Luaran tambahan yaitu peryataan pemanfaatan hasil pengabdian oleh mitra. Pendekatan/metode yang diguanakan adalah pendampingan  dengan tahapan kegiatan: (1) penyampaian materi dan diskusi (2) pendampingan, (3) evaluasi. Hasil pelaksanaan pengabdian adalah: (1) terkontruksinya pemahaman khalayak sasaran  tentang konsep, Aplikasi Kahoot, manfaat Aplikasi Kahoot dalam pembelajaran, peralatan yang harus disediakan, serta langkah-langkah pemanfataan aplikasi Kahoot sebagai media pembelajaran, (2) tersusunnya produk media pembelajaran PPKn SMP Kelas VII materi norma dengan menggunakan aplikasi Kahoot.

Biografi Penulis

Rispawati Rispawati, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mataram

Yuliatin Yuliatin, Program Studi PPKn, Universitas Mataram

Muhammad Mabrur Haslan, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mataram

Edy Kurniawansyah, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mataram

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.