Optimalisasi Kompetensi Guru Melalui Penulisan Penelitian Tindakan Kelas di Kabupaten Nunukan

  • Degi Alrinda Agustina Universitas Borneo Tarakan
  • Dedi Kusnadi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Borneo Tarakan
  • Nur Pangesti Apriliyana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Borneo Tarakan
  • Ady Saputra Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Borneo Tarakan
  • Sucahyo Mas’an Al Wahid Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Borneo Tarakan

Abstract

Kemampuan menulis bagi guru sangat penting karena menjadi tuntutan profesi. Bagi pengembangan karir guru wajib memenuhi syarat menulis karya ilmiah. Syarat ini seringkali menjadi penghambat kenaikan jenjang pangkat bagi guru mengingat rendahnya kemampuan dan minat menulis di kalangan guru. Selain menjadi syarat bagi pengembangan karir, menulis juga menjadi sarana bagi pengembangan diri seorang guru. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut dibuat kegiatan Optimalisasi Kompetensi Guru melalui Penulisan Penelitian Tindakan Kelas di Kabupaten Nunukan berupa pelatihan bagi guru Sekolah Dasar di Kabupaten Nunukan. Kegiatan berupa pemaparan materi  terkait konsep, penyusunan proposal, laporan PTK  serta penulisan artikel Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Selain itu juga melakukan pendampingan penyusunan proposal PTK. Berdasarkan hasil evaluasi diperoleh bahwa motivasi dan keterampilan guru dalam menulis Penelitian Tindakan Kelas meningkat. Kegiatan ini dapat dilanjutkan dengan pendampingan bagi guru yang kana mengajukan kenaikan pangkat. Hal tersebut mendapat dukungan dari dukungan kepala sekolah dan pengawas di Kabupaten Nunukan
Published
2023-02-26