Peran Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas IV-V Sekolah Dasar Negeri 5 Mataram
DOI:
https://doi.org/10.29303/jpimi.v3i2.4990Kata Kunci:
Ekstrakurikuler Pramuka, karakter, keterampilan sosialAbstrak
Ekstrakurikuler Pramuka memiliki peran yang penting dalam membentuk karakter, mengembangkan keterampilan sosial, dan memberikan pengalaman belajar yang berharga bagi siswa di Sekolah Dasar. Studi ini bertujuan untuk mendalami peran ekstrakurikuler Pramuka dalam pendidikan siswa kelas 5 di Sekolah Dasar Negeri 5 Mataram. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melibatkan observasi langsung, wawancara, dan analisis dokumen. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana dengan tahapan kondensasi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang diantaranya adalah baris berbaris, tali temali dan semaphore dapat memberi peran dalam penanaman karakter siswa. Karakter siswa yang ditanamkan dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka adalah disiplin, tanggung jawab, teliti, tanggap & cermat serta Berani & loyal. Penanaman karakter siswa ditanamkan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan menggunakan metode pengajaran, tugas spontan, kerja sama, demonstrasi, punishmen, kerja lapangan. Karakter yang ditumbuhkan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dapat dilihat pada keseharian siswa dan kegiatan belajar mengajar dikelas. Temuan penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang kontribusi ekstrak urikuler Pramuka dalam konteks pendidikan dasar.Unduhan
Diterbitkan
2024-09-30
Cara Mengutip
Putri, S. D. (2024). Peran Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas IV-V Sekolah Dasar Negeri 5 Mataram: . Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia , 3(2), 83–86. https://doi.org/10.29303/jpimi.v3i2.4990
Terbitan
Bagian
Articles