Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, dan Humaniora merupakan wahana untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil dari program pengabdian atau layanan kepada masyarakat dalam pengembangan teori keilmuan, konsep pemikiran, model, atau hasil penelitian yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan dua nomor dalam setiap volume atau dua kali terbit dalam satu tahun yakni pada bulan Juni dan Desember.

ISSN : 2798-6918  |eISSN : 2798-6799

 

Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, dan Humaniora mencakup berbagai bidang dengan prioritas topik bahasan sebagai berikut:

1. Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan

Cakupan bidang ini bertujuan untuk menyelesaikan problematika pendidikan yang terjadi di sekolah/madrasah dan lembaga pendidikan lain baik formal maupun informal menuju pembangunan berkelanjutan. Isu pada bidang ini misalnya adalah tentang sosialisasi dan pendampingan pendidikan literasi, pendidikan karekter, penyiapan sumberdaya manusia yang unggul, optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler sekolah, dan aspek strategis lainnya di sektor pendidikan.

2. Pemberdayaan masyarakat atau komunitas

Cakupan bidang ini bertujuan untuk menyelesaikan problematika yang terjadi di sekelompok masyarakat atau komunitas profesi tertentu. Isu pada bidang ini misalnya adalah pemberdayaan wanita/ anak- anak/ masyarakat dalam pelestarian aspek budaya lokal, pelatihan bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional bagi pelaku wisata, dukungan dan pendampingan produktivitas komunitas sastra, dan berbagai bentuk program pemberdayaan masyarakat lainnya. 

3. Pendidikan personal dan profesional guru dan siswa

Cakupan bidang ini bertujuan untuk menyelesaikan problematika yang dihadapi oleh guru dan siswa. Isu pada bidang ini misalnya adalah peningkatan kemampuan guru dan pendidik dalam pembuatan perangkat pembelajaran, peningkatan kemampuan guru dan siswa terhadap penguasaan teknologi atau media pembelajaran, peningkatan kemampuan guru tentang teori, metode, dan teknik pembelajaran efektif (best practices), peningkatan pengetahuan dan ketrampilan siswa, peningkatan motivasi, efikasi, agensi, dan identitas guru sebagai guru yang professional, dan aspek lain yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru dan siswa dari segi personal maupun professional. 

4. Sosial humaniora

Cakupan bidang ini bertujuan untuk menyelesaikan problematika di bidang sosial humaniora di masyarakat. Isu pada bidang ini berkaitan dengan upaya untuk menyelesaikan konflik yang terjadi di masyarakat, revitalisasi nilai nilai sosial kemasyarakatan, komodifikasi budaya,  dan upaya mereduksi masalah-masalah sosial yang lainnya.