Pendampingan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif untuk Guru-Guru Pondok Pesantren Darul Iman Wattaqwa NW Boro’ Tumbuh Kecamatan Suralaga Lombok Timur
Assistance Program on Implementing Innovative Learning Models for Teachers at Darul Iman Wattaqwa NW Boro Tumbuh Islamic Boarding School Suralaga East Lombok Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i1.7239Kata Kunci:
Guru Pesantren, LKPD, Model Pembelajaran Inovatif, Profesionalisme Guru, Rubrik PenilaianAbstrak
Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas profesional guru-guru Pondok Pesantren Darul Iman Wattaqwa NW Boro’ Tumbuh dalam menerapkan model pembelajaran inovatif. Permasalahan utama yang dihadapi mitra meliputi rendahnya pemahaman terhadap konsep dan sintaksis model pembelajaran inovatif, keterbatasan dalam merancang LKPD yang sesuai, serta kurangnya kemampuan dalam menyusun rubrik penilaian yang relevan dengan capaian pembelajaran. Melalui tahapan diskusi, pelatihan, praktik, dan evaluasi, kegiatan ini berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam merancang serta mengimplementasikan pembelajaran yang aktif, kontekstual, dan berorientasi pada kompetensi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa seluruh peserta menyatakan kegiatan ini bermanfaat dan dapat diaplikasikan dalam konteks pembelajaran di pesantren. Program ini juga mendapat respons positif dari pihak yayasan dan direkomendasikan untuk dilanjutkan serta diperluas cakupannya.