Pendampingan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif untuk Guru-Guru Pondok Pesantren Darul Iman Wattaqwa NW Boro’ Tumbuh Kecamatan Suralaga Lombok Timur

Assistance Program on Implementing Innovative Learning Models for Teachers at Darul Iman Wattaqwa NW Boro Tumbuh Islamic Boarding School Suralaga East Lombok Indonesia

Authors

  • Amrullah Amrullah English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia
  • Sahuddin Sahuddin English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia
  • Nawawi Nawawi English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia
  • Lalu Nurtaat English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia
  • Husnul Lail University of Mataram image/svg+xml
  • Rizky Kurniawan Hoesni English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia
  • Lalu Jaswadi Putera English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i1.7239

Keywords:

Guru Pesantren, LKPD, Model Pembelajaran Inovatif, Profesionalisme Guru, Rubrik Penilaian

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas profesional guru-guru Pondok Pesantren Darul Iman Wattaqwa NW Boro’ Tumbuh dalam menerapkan model pembelajaran inovatif. Permasalahan utama yang dihadapi mitra meliputi rendahnya pemahaman terhadap konsep dan sintaksis model pembelajaran inovatif, keterbatasan dalam merancang LKPD yang sesuai, serta kurangnya kemampuan dalam menyusun rubrik penilaian yang relevan dengan capaian pembelajaran. Melalui tahapan diskusi, pelatihan, praktik, dan evaluasi, kegiatan ini berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam merancang serta mengimplementasikan pembelajaran yang aktif, kontekstual, dan berorientasi pada kompetensi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa seluruh peserta menyatakan kegiatan ini bermanfaat dan dapat diaplikasikan dalam konteks pembelajaran di pesantren. Program ini juga mendapat respons positif dari pihak yayasan dan direkomendasikan untuk dilanjutkan serta diperluas cakupannya.

Downloads

Published

2025-06-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pendampingan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif untuk Guru-Guru Pondok Pesantren Darul Iman Wattaqwa NW Boro’ Tumbuh Kecamatan Suralaga Lombok Timur: Assistance Program on Implementing Innovative Learning Models for Teachers at Darul Iman Wattaqwa NW Boro Tumbuh Islamic Boarding School Suralaga East Lombok Indonesia. (2025). Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 5(1), 179-189. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i1.7239

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2