Strategi Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru Bahasa Inggris Menggunakan Visual Literacy pada Pembelajaran Reading

Strategies for Developing the Teaching Skills of English Teachers through Visual Literacy in Reading Instruction

Authors

DOI:

https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i3.8126

Keywords:

Bahasa Inggris, Guru, Literasi Visual, Membaca, Mengajar

Abstract

Gambar dapat menjadi alat yang berguna untuk pengembangan bahasa, karena pembelajar mengeksplorasi bahasa dari pengetahuan dan pengalaman mereka sendiri dan dapat membantu pembelajar mengembangkan strategi untuk menyusun pengetahuan mereka ke dalam kelompok asosiatif atau semantik  Selain itu, gambar dapat mempunyai peranan penting dalam mendukung efektivitas bahan ajar dan lazim dimasukkan ke dalam bahan ajar pengajaran bahasa Inggris. Dikarenakan pentingnya peranan gambar dalam media ajar untuk meningkatkan kemampuan bahasa khususnya bahasa Inggris, maka kegiatan pengabdian ini berfokus pada strategi meningkatkan kemampuan membaca yang terkait dengan penggunaan gambar dalam pembelajaran bahasa Inggris dan  bagaimana para pendidik dapat memanfaatkan elemen visual untuk memperkaya metodologi pengajaran mereka. Kegiatan ini akan memberikan pelatihan tentang Visual Literacy kepada  guru Bahasa Inggris sehingga ketika menjadi guru bisa mengimplementasikan bahan ajar yang menarik untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar khususnya pembelajaran membaca (reading). Adapun kontribusi kegiatan ini adalah untuk memberikan strategi peningkatan kemampuan mengajar membaca dalam matapelajaran Bahasa Inggris menggunakan pemahaman Visual Literacy.

Published

2025-11-30

How to Cite

Strategi Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru Bahasa Inggris Menggunakan Visual Literacy pada Pembelajaran Reading: Strategies for Developing the Teaching Skills of English Teachers through Visual Literacy in Reading Instruction. (2025). Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 5(3), 83-92. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i3.8126

Most read articles by the same author(s)