Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Akuntansi melalui Pelatihan Pelaporan PPh Pasal 23/26 Berbasis E-Bupot

Authors

Reny Wardiningsih , Herawati Khotmi , Khaerul Umam , Feryansyah Feryansyah , Resty Yusnirmala Dewi , Dina Amalya Putri

DOI:

10.29303/darmadiksani.v5i1.6884

Published:

2025-06-11

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2025): Edisi Juni

Keywords:

Digitalisasi Pajak, e-Bupot, Kompetensi Mahasiswa, PPh Pasal 23/26

Articles

Downloads

How to Cite

Wardiningsih, R., Khotmi, H., Umam, K., Feryansyah, F., Dewi, R. Y., & Putri, D. A. (2025). Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Akuntansi melalui Pelatihan Pelaporan PPh Pasal 23/26 Berbasis E-Bupot. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 5(1), 48–60. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i1.6884

Abstract

Transformasi digital dalam sistem perpajakan nasional menuntut lulusan akuntansi untuk memiliki kompetensi teknis dalam pelaporan pajak berbasis aplikasi, khususnya dalam penggunaan e-Bupot untuk PPh Pasal 23/26. Namun kesenjangan antara pembelajaran teori di perguruan tinggi dan praktik perpajakan elektronik di dunia kerja masih cukup lebar. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa akuntansi dalam pelaporan PPh Pasal 23/26 secara elektronik melalui pelatihan berbasis praktik menggunakan aplikasi e-Bupot. Metode pelaksanaan yang digunakan meliputi ceramah interaktif, demonstrasi sistem, serta praktik langsung dengan pendekatan experiential learning dan task-based simulation. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test, observasi praktik, serta survei persepsi peserta terhadap pelatihan. Hasil menunjukkan bahwa 91% peserta mampu menyusun bukti potong secara mandiri, dengan 90,6% mengalami peningkatan skor post-test ≥40%, dan 87,5% peserta menilai relevansi pelatihan sangat tinggi. Peningkatan ini menunjukkan keberhasilan pelatihan dalam membentuk keterampilan teknis, meningkatkan pemahaman konseptual, serta menumbuhkan sikap positif terhadap digitalisasi perpajakan. Temuan ini sejalan dengan berbagai penelitian terdahulu yang menekankan pentingnya pelatihan berbasis aplikasi dalam memperkuat kesiapan kerja mahasiswa. Hasil pengabdian ini penting karena berkontribusi terhadap penguatan link and match antara kurikulum pendidikan tinggi dan kebutuhan industri, serta mendorong integrasi teknologi perpajakan dalam pembelajaran akuntansi vokasional.

Author Biographies

Reny Wardiningsih, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, University of Mataram, Indonesia

Herawati Khotmi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, University of Mataram, Indonesia

Khaerul Umam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, University of Mataram, Indonesia

Feryansyah Feryansyah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, University of Mataram, Indonesia

Resty Yusnirmala Dewi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, University of Mataram, Indonesia

Dina Amalya Putri, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, University of Mataram, Indonesia

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.