STRATEGI PENINGKATAN KUNJUNGAN WISATAWAN MELALUI OPTIMALISASI POTENSI DAN PROMOSI WISATA EFEKTIF DI PULAU MARINGKIK
DOI:
10.29303/wicara.v2i5.5537Diterbitkan:
2024-10-29Terbitan:
Vol 2 No 5 (2024): Jurnal Wicara DesaKata Kunci:
Objek wisata, Destinasi wisata, Desa Pulau MaringkikArticles
Unduhan
Cara Mengutip
Abstrak
Pulau Maringkik termasuk ke dalam bagian dari Teluk Jukung dimana memiliki sumber daya laut yang melimpah mulai dari flora dan fauna laut yang beragam . Tujuan penulisan ini, adalah untuk memperkenalkan objek wisata, meningkatkan perekonomian masyarakat, dan meningkatkan daya tarik pengunjung di Desa Pulau Maringkik. Metode Penelitian, kegiatan ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu: persiapan promosi, survey potensi obyek wiata untuk promosi, pembuatan sarana dan prasarana, pendampingan masyarakat untuk pengembangan usaha pariwisata. Simpulan, penerapan strategi yang menyeluruh dan terkoordinasi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Maringkik, optimalisasi potensi wisata di Desa Pulau Maringkik, mulai dari pengembangan infrastruktur yang memadai, peningkatan kualitas dan budaya lokal merupakan faktor penting yang dalam menarik wisatawan, keterlibatan masyarakat lokal dalam pengelolaan dan pelestarian budaya juga dapat memperkaya pengalaman wisatawan serta menambah nilai bagi destinasi ini, promosi dengan yang efektif dilakukan dengan penggunaan teknologi digital, seperti media sosial, situs web, platform wisata online, sangat krusial untuk menjangkau pasar yang lebih luas, kerja sama dengan pemerintahan, agen perjalanan, dan media untuk memperluas jangkauan promosi, strategi yang tepat dan keberlajutan menjadi kunci Desa Pulau Maringkik sebagai destinasi wisata yang populer dan kompetitifReferensi
Clarce Sarliana Maak, Maria Prudensiana Leda Muga, and Novi Theresia Kiak, “Strategi Pengembangan Ekowisata terhadap Ekonomi Lokal pada Desa Wisata Fatumnasi,” OECONOMICUS Journal of Economics 6, no. 2 (June 15, 2022): 102–15, https://doi.org/10.15642/oje.2022.6.2.102-115.
Firdaus, Maulana, Nensyana Shafitri, and Cornelia Mirwantini Witomo. “PEMBERDAYAAN PERIKANAN DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT.” Buletin Ilmiah Marina Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan 6, no. 2 (December 22, 2020): 85. https://doi.org/10.15578/marina.v6i2.9076.
Gemma Maya Gustin et al., “Pengembangan Potensi Wisata Untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan di Desa Ketapang Raya Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur,” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 4, no. 2 (June 22, 2021), https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.720.
Hermanto, Bambang, Suryanto Suryanto, and Rusdin Tahir. “SOSIALISASI LAYANAN FINANCIAL TECHNOLOGY BAGI PELAKU INDUSTRI PARIWISATA KABUPATEN PANGANDARAN.” Kumawula Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 3 (December 4, 2021): 471. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i3.35700.
Maak, Clarce Sarliana, Maria Prudensiana Leda Muga, and Novi Theresia Kiak. “Strategi Pengembangan Ekowisata terhadap Ekonomi Lokal pada Desa Wisata Fatumnasi.” OECONOMICUS Journal of Economics 6, no. 2 (June 15, 2022): 102–15. https://doi.org/10.15642/oje.2022.6.2.102-115.
Putraji, Lalu Muhammad Guguh, Lalu Muhammad Furkan, Bimantari Putri Uswanti, Indikum Nyamuk Wandikbo, Muhammad Fadli, Mayoni Zubaidi, Elsa Estiana, et al. “PROBLEMATIKA PEMBANGUNAN PARIWISATA BUDAYA DI DESA PULAU MARINGKIK.” Jurnal Wicara Desa 1, no. 2 (April 20, 2023): 211–19. https://doi.org/10.29303/wicara.v1i2.2409.
Rusdiati Khairo, “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA DI DESA KETAPANG RAYA KECAMATAN KERUAK, LOMBOK TIMUR,” Jurnal Riset Manajemen 19, no. 1 (August 11, 2019): 8, https://doi.org/10.29303/jrm.v19i1.34.