OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA UMKM SATE BULAYAK DI DESA LEMBUAK KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT

Penulis

Muhammad Taufikurrahman , Siti Aisyah Hidayati , Nurul Fardatul Izzati , Wulan Suci Ramadhan , Nana Juliana , Faiz Ridho Fahreza , Halimatussakdiah , Nurlailah , Gusti Ngurah Eka Putra , Lalu Rosihan Syarif , Baiq Adisty Tahira Putri

DOI:

10.29303/wicara.v2i1.4090

Diterbitkan:

2024-02-11

Terbitan:

Vol 2 No 1 (2024): Jurnal Wicara Desa

Kata Kunci:

Desa Lembuak, Potensi desa, Sate Bulayak

Articles

Unduhan

Cara Mengutip

Taufikurrahman, M., Hidayati, S. A. ., Izzati, N. F. ., Ramadhan, W. S. ., Juliana, N. ., Fahreza, F. R. ., … Putri, B. A. T. . (2024). OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA UMKM SATE BULAYAK DI DESA LEMBUAK KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT. Jurnal Wicara, 2(1), 124–131. https://doi.org/10.29303/wicara.v2i1.4090

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi. Dalam kegiatan KKN yang dilaksanakan di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, kelompok mahasiswa dan dosen Universitas Mataram melaksanakan berbagai kegiatan dengan sasaran utama pada pemetaan dan pengembangan potensi desa. Tujuan pelaksanaan KKN ini yaitu untuk membantu masyarakat dalam hal meningkatkan pendapatan pada UMKM sate bulayak di Desa Lembuak Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Terdapat beberapa metode kegiatan yang dilaksanakan yaitu pembuatan website desa dan inovasi pengemasan pada produk sate bulayak. Hasil dari adanya kegiatan ini adalah tersedianya web yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM Desa Lembuak untuk memasarkan sate bulayak dan adanya inovasi dalam hal pengemasan sate bulayak agar dapat dipasarkan hingga ke luar daerah. Selain itu, kelompok KKN juga terlibat dalam berbagai kegiatan lain yaitu posyandu, belajar mengajar di PAUD, dan gotong royong. Hasil kegiatan di atas menunjukkan bahwa kegiatan KKN ini telah mampu menjawab beberapa masalah yang ada di Desa Lembuak terkait peningkatan pendapatan pada UMKM sate bulayak di Desa Lembuak Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat.

Referensi

Chakti, G. (2019). The Book Of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.
Darajat, A. U. (2023). Penerapan Teknologi Vakum Sealer Sebagai Upaya Optimalisasi Pengemasan Produk Olahan Ikan Teri di Desa Maja Kalianda Lampung Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sembayan, 7(1), 4-8.
Konuti, R., Ratulangi, F. S., Rompis, J. E. G., & Rumondor, D. B. J. (2017). Pengaruh pengunaan perasan jeruk nipis (Citrus aurantifolia S.) terhadap mutu organoleptik sate daging kambing. ZOOTEC, 38(1), 114-122.
Nur, M. (2012). Pengaruh cara pengemasan, jenis bahan pengemas, dan lama penyimpanan terhadap sifat kimia, mikrobiologi, dan organoleptik sate bandeng (Chanos chanos). Jurnal Teknologi & Industri Hasil Pertanian, 14(1), 1-11.
Rumondang, A., Sudirman, A., & Sitorus, S. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen.
Sari, W. N., Gadu, P., & Mahsun, M. (2023). WISATA GASTRONOMI: MENGENAL BUDAYA DAN SEJARAH MELALUI MAKANAN LOKAL ‘SATE REMBIGA’DI MATARAM. Media Bina Ilmiah, 17(9), 2075-2096.

Biografi Penulis

Muhammad Taufikurrahman, Universitas Mataram

Siti Aisyah Hidayati, Universitas Mataram

Nurul Fardatul Izzati, Universitas Mataram

Wulan Suci Ramadhan, Universitas Mataram

Nana Juliana, Universitas Mataram

Faiz Ridho Fahreza, Universitas Mataram

Halimatussakdiah, Universitas Mataram

Nurlailah, Universitas Mataram

Gusti Ngurah Eka Putra, Universitas Mataram

Lalu Rosihan Syarif, Universitas Mataram

Baiq Adisty Tahira Putri, Universitas Mataram

Artikel Serupa

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.