SOSIALISASI PENDIDIKAN KONSERVASI GUNA MENINGKATKAN WAWASAN MENGENAI PENTINGNYA MENJAGA HUTAN DAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN

Penulis

A’anggina Pebrianti Putri , Andika Hasan , Aprilia Ika Berliana , Lora Agista Seftira , Nuzul Rizki Ramadhan , Regina Natasnya Putri , Sulthanulmufti , Maiser Syahputra

DOI:

10.29303/wicara.v2i3.4067

Diterbitkan:

2024-06-11

Terbitan:

Vol 2 No 3 (2024): Jurnal Wicara Desa

Kata Kunci:

Konservasi, Lingkungan, Pendidikan, Sosialisasi

Articles

Unduhan

Cara Mengutip

Putri, A. P., Hasan, A. ., Berliana, A. I. ., Seftira, L. A. ., Ramadhan, N. R. ., Putri, R. N. ., … Syahputra, M. . (2024). SOSIALISASI PENDIDIKAN KONSERVASI GUNA MENINGKATKAN WAWASAN MENGENAI PENTINGNYA MENJAGA HUTAN DAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN. Jurnal Wicara, 2(3), 133–138. https://doi.org/10.29303/wicara.v2i3.4067

Abstrak

Pendidikan  Konservasi  merupakan  sebuah  proses  pembelajaran  untuk  membangun spirit kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Kurangnya kesadaran masyarakat akan keberadaan kawasan konservasi menyebabkan rasa kurang peduli masyarakat akan menjaga kawasan konservasi. Prinsip konservasi sangat penting untuk dipahami oleh masyarakat yang berada di daerah sekitar kawasan konservasi. Sebagai contoh adalah masyarakat di Dusun Kerandangan yang berada di sekitar taman Wisata Alam Kerandangan. Berdasarkan permasalahan di atas dibutuhkan kegiatan untuk meningkatkan kesadaran Masyarakat tentang pentingnya konservasi. Salah satunya dengan sosialisasi mengenai Pendidikan konservasi di madrasah di sekitar Kawasan hutan (TWA Kerandangan) yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran konservasi sejak dini. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pra kegiatan, kegiatan sosialisasi, mengajar di sekolah dan evaluasi. Sasaran dalam kegiatan ini adalah siswa dan guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) Riyadhul Wardiyah. MI Rayadhul Wardiyah. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh siswa dan guru Mi Riyadhul Wardiah sebanyak 15 siswa kelas 4 dan 5 serta 3 orang guru. Pendidikan dan penyuluhan konservasi ini dapat meingkatkan pengetahuan siswa dan guru mengenai pentingnya pendidikan konservasi.

Referensi

Astridya Paramita dan Kristina Lusi.2013. Teknik Focus Group Discussion dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan, Vol 16. Surabaya.
[BTN BNW] Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone. 2020. Pendidikan Konservasi merupakan Program Unggulan Mengajar Resort Pinogaluman. KSDAE [Internet]. [diunduh 2024 Feb 20] http://ksdae.menlhk.go.id/berita/7088/pendidikan-konservasi-merupakan-program-unggulan-mengajar-resortpinogaluman.html.
Rachman,M. (2012). Konservasi Nilai Dan Warisan Budaya. Indonesian Journal of Conservation. 1 (1): 30-39.
Masrukhi. (2012). Membangun Karakter Berbasis Nilai Konservasi. Indonesian Journal of Conservation, Vol. 1 No. 1 Juni 2012: 20–29.

Biografi Penulis

A’anggina Pebrianti Putri, Universitas Mataram

Andika Hasan, Prodi Kehutanan Universitas Mataram

Aprilia Ika Berliana, Program Studi Kehutanan Univesitas Mataram

Lora Agista Seftira, Program Studi Kehutanan Univesitas Mataram

Nuzul Rizki Ramadhan, Program Studi Kehutanan Univesitas Mataram

Regina Natasnya Putri, Program Studi Kehutanan Univesitas Mataram

Sulthanulmufti, Program Studi Kehutanan Univesitas Mataram

Maiser Syahputra, Program Studi Kehutanan Univesitas Mataram

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.