PELATIHAN PEMBUATAN ABON IKAN DARI HASIL NELAYAN SEBAGAI INOVATIF GUNA MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DESA SELENGEN KECAMATAN KAYANGAN

  • Firmansyah Firmansyah Universitas Mataram
  • Rohmiatun Aini Universitas Mataram
  • Indra Yunia Universitas Mataram
  • Lalu Radinal Ihya Chatami Universitas Mataram
  • Baiq Annisa Fitriani Universitas Mataram
  • Haerun Nisa Universitas Mataram
  • I Gede Supasta Universitas Mataram
  • Junia Hartati Universitas Mataram
  • Faiz Karim Babgi Universitas Mataram
Kata Kunci: sea food, society economic, fish flosh

Abstrak

Ikan Laut menjadi salah satu masalah dalam pemanfaatan komoditi sumber daya alam yang ada di Desa selengen. Selain itu, terbatasnya pengetahuan dan kecakapan masyarakat untuk melakukan inovasi dalam pengolahan ikan khususnya ikan Layang yang berguna untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Selengen. Olahan ikan akan dibuat menjadi sebuah produk makanan yang dapat menarik minat masyarakat luas. Bentuk kegiatan secara keseluruhan meliputi: Sosialisasi dan pelatihan tentang pembuatan Abon ikan dari jenis ikan Layang, Produksi abon ikan Layang, Pemasaran hasil produksi abon ikan Layang ke pasaran. Kegiatan produksi abon ikan Layang merupakan lanjutan dari program yang telah di sebutkan di atas. Program ini dilaksanakan untuk pemanfaatan ikan Layang di olah menjadi abon ikan Layang. Diharapkan dengan dilakukan pemasaran ini ibu-ibu PKK dapat mempraktekkan kembali hasil pelatihan yang telah di ajarkan dan mempersiapkan kemandirian untuk memproduksi sendiri abon ikan untuk menambah perekonomian. di harapkan kedepannya dan ibu-ibu di desa selengen menjadi lebih tahu bagaimana membuat abon dengan takaran yang sesuai, rasa yang beragam, dan pengemasan yang menarik. Dikarenakan di desa selengen belum terdapat UMKM, disarankan untuk pihak desa dapat mengembangkitkan kembali BUMDES dan dapat membentuk UMKM agar potensi yang ada di desa dapat disebar luaskan dan dapat membantu perekonomian masyarakat.

Referensi

Ernawati, D. (2019). Pengaruh kualitas produk, inovasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Hi Jack sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17-32.

Hariyono. (2010). Perencanaan Pembangunan Kota dan Perubahan Paradigma. Yogjakarta: Pustaka Pelajar

Hasan, A. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS, Yogyakarta.

Jumiati, Fadzilla F. 2018. Pemanfaatan jantung pisang dan kluwih pada pembuatan abon ikan tongkol (Euthynnus affinis) ditinjau dari analisis proksimat, dan uji asam tiobarbiturat (TBA). Reka Pangan. 12(1): 60-66.

McDaniel,B.A. 2002. Entrepreneurship and Innovation:An Economic Approach. M.E.Sharpe,Inc, New York.

Prasetya,D.I. 2002. Lingkungan Eksternal, Faktor Internal, dan Orientasi Pasar Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, ISSN 1412-8527, Vol.1, No.3, Hal.219-240.

Primiana, I., (2009). Menggerakkan Sektor Riil UKM & Industri. Bandung: Alfabeta.

Rahmawati, E., & Kisworo, B. 2017. Peran Pendamping dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin melalui Program Keluarga Harapan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 161-169.

Rijal, M. (2016). Diversifikasi produk olahan ikan bagi ibu-ibu nelayan di dusun mamua kabupaten maluku tengah. BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science Dan Pendidikan, 6(2), 159-170.

Selengen.lombokutarakab.go.id. 2014. Profil Desa. Diakses 15 Februari 2023

Sudaryanto., (2012). Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas Asean. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, 1(2).

Suryani, A., E. hambali dan E. hidayat. 2007. Membuat aneka abon. Penebar swadaya. Jakarta.

Urbancova,H. 2013. Competitive Advantage Achievement through Innovation and Knowledge, Journal of Competitiveness, ISSN 1804-171X, Vol.5, No.1

Utiarahman G, Harmain RM, Yusuf N. 2013. Karakteristik kimia dan organoleptik nugget ikan layang (Decapterus sp.) yang disubtitusi dengan tepung ubi jalar putih (Ipomea batatas L). Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan. 1(3): 126-138.

Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan pemasaran produk homemade melalui sosial media. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 1-5.

Diterbitkan
2023-04-20