Main Article Content

Baiq Sri Rakhma Wati
Saipul Hamdi
Azhari Efendi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi munculnya kelompok Menak dalam struktur sosial masyarakat di Desa Darek dan hak-hak istimewa apa saja yang dimiliki dan untuk mengetahui proses perubahan nilai sosial atas kelompok menak dan faktor-faktor penyebab perubahan dan untuk mengetahui dampak perubahan nilai pada eksistensi dan perilaku sosial kelompok menak  di Desa Darek.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendapatkan data yang mendalam dengan pendekatan eksplanatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Darek Kecamatan Praya Barat Daya dengan unit analisis dalam penelitian ini ialah masyarakat Desa Darek. Penentuan  informan dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah informan sebelas  orang terdiri dari tokoh masyarakat, masyarakat menak.masyarakat jajar karang. Penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial Max Weber dan Fungsionalisme Struktural R.K Merton sebagai analisis hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perubahan Nilai sosial pada masyarakat Menak yang berada di Desa Darek sudah mulai terjadi perubahan oleh arus zaman yang menyebabkan Menak pada zaman yang serba moderen sudah tidak menjadi panutan atau pun menjadi pedoman  dalam kehidupan sehari-hari seperti pada zaman dahulu yakni Menak sangat dihormati dan dijadikan contoh kehidupan bermasyarakat. Tingkat kebangsawanan yang ada di desa Darek saat ini masih ada yaitu pertama Raden untuk laki-laki bangsawan dan perempuan menyandang Dende. Lalu untuk bangsawan Laki-laki dab Baiq untuk bangsawan perempuan. Perbedaan bangsawan zaman dahulu dan Bangsawan Zaman sekarang sangat berbeda.

Article Details

How to Cite
Rakhma Wati, B. S., Hamdi, S., & Efendi, A. (2022). Perubahan Status dan Persepsi Masyarakat Lokal Terhadap Eksistensi Kelompok Bangsawan (Menak) di Lombok Tengah. Religion, Culture, and State Journal, 2(2), 39-51. Retrieved from https://journal.unram.ac.id/index.php/rcs/article/view/347
References
Andriyani, M Fitri: Skripsi Perubahan Kondisi Fisik dan Ekonomi Wilayah Sekitar Bandara Selama Pembangunan Bandara Internasional Lombok, https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/23695, Diakses pada Tanggal (25 November 2015.
Budiwanti, E. (2000). Islam Sasak Wetu VersusWaktu Lima. Yogyakarta: LkIS.
Damsar. 2015. Pengantar Teori Sosiologi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Dewi Wulandari, Sosiologi Konsep Dan Teori, ( Bandung:PT.Refika Aditama, 2009)
Dhohiri.R. Taupik. 2007. Sosiologi 2 Suatu Kajian Kehidupan Masyarakat. Jakarta: Yudhistira.
http://pensa-sb.info/wp-content/uploads/2011/03/struktur-sosial.pdf
Haryanto, Dany. 2011. Pengantar Sosiologi Dasar. Jakarta: PT Prestasi Pustaka.
Hapipi, Sejarah Dan Tradisi Suku Sasak, Lombok NTB, http://www.wacana nusantara.org, Diakses Pada Tanggal 20 September 2015 jam 21 : 00 WIB
Lukman, Lalu. H. 2004. Sejarah Masyarakat dan Budaya Lombok, Mataram: Learge Press.
Lukman, Lalu. H.2005.Jurnal Pulau Lombok Dalam Sejarah. Cerdas Prees: Lombok.
Martono, Nanang. 2014. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
M. Francis Abraham,Modernisasi di Dunia Ketiga Suatu Teori Umum Pembanggunan, Yogyakarta,Tiara Wacana.
Khalid, Nadhira, 2015. Stratifikasi Sosial Masyarakat Sasak Dalam Novel Ketika Cinta Tak Mau Pergi. Vol 11.
Ritzer,George. 2014. Teori Sosiologi Moderen. Jakarta: Kencana Prenada media Group.
Soekanto, S. (2005). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Perseda.
Syafrudin, 2006. Perlawanan perempuan Sasak. Mataram Universitas Prees.
Sztompka, Piotr. 2014. Sosiologi Perubahan Sosial (Penerjemah: Alimandan). Jakarta: Prenada
Wirawan,.B,I.2012. Teori- Teori Dalam Tiga Paradigma. (Jakarta:Kencana Prenada media,2012).
Wijaya, Herman: Merpati Kembar di Lombok Karya Nuriadi (Kajian Sosiologi Sastra budaya resepsi sastra dan Nilai Pendidikan) https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/31203, Diakses pada tanggal 20 september 2015.
Wulandari, Dewi. Sosiologi Konsep Dan Teori, ( Bandung:PT.Refika Aditama, 2009).
Zulfikri. Aries Kedatuan Gumi Sasak (sejarah Kerajaan Selaparang) http://www.wacana nusantara.org,/2012/10/kedatuan-di-gumi-sasak-1.html pada 29 Maret 2016 jam 20 : 40 WIB)
Zulfikri. Aries Kedatuan Gumi Sasak (sejarah Kerajaan Selaparang) http://www.wacana nusantara.org,/2012/10/kedatuan-di-gumi-sasak-1.html (diakses pada 10 November 2016 jam 20 : 40 WIB)
Zulfikri. Aries Kedatuan Gumi Sasak (Sejarah Kerajaan Selaparang) http://www.wacana nusantara. org, /2012/10/ kedatuan-di-gumi-sasak-1.html pada 29 Maret 2016 Jam 21;30 WIB)

Author Biographies

Saipul Hamdi, Sosiologi UNRAM

Sosiologi Departement Universitas Mataram

Azhari Efendi, Sosiologi UNRAM

Sosiologi Departemen Universitas Mataram