ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI BIDANG MATEMATIKA SISWA MADRASAH ALIYAH MANHALUL MA’ARIF DAREK LOMBOK TENGAH BERDASARKAN ANALISIS DATA PISA
Abstrak
Kemampuan literasi siswa Indonesia, khususnya bidang matematika masih tergolong rendah. Hal ini tercermin dari peringkat skor PISA (Program for International Student Assesment) dunia yang dirilis oleh OECD (Organization for Economic Cooperation and Development) yang menempatkan siswa Indonesia di posisi ke 71 dari 79 negara. Artikel ini memaparkan sebuah hasil analisis Kemampuan Literasi Bidang Matematika Siswa Madrasah Aliyah Manhalul Ma’arif Darek Lombok Tengah, NTB. Proses analisis diawali dari pemberian soal (pretest) jenis PISA bidang Matematika tanpa perlakuan kepada 35 siswa kelas 10. Selanjutnya dengan metode diskusi dan kerja kelompok untuk meningkatkan Strategi Metakoginisi Membaca persoalan matematika, soal serupa kembali diberikan pada siswa yang sama. Hasil asesmen menunjukkan ada peningkatan signifikan dari 6% siswa menjawab benar pada pretest, menjadi 77% siswa menjawab benar pada postest.
Diterbitkan
2023-05-30
##submission.howToCite##
Alfian, M. R., Awalushaumi, L., Marwan, M., Bahri, S., Syechah, B. N., & Robbaniyyah, N. A. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI BIDANG MATEMATIKA SISWA MADRASAH ALIYAH MANHALUL MA’ARIF DAREK LOMBOK TENGAH BERDASARKAN ANALISIS DATA PISA. Jurnal Pepadu, 4(2), 309-313. https://doi.org/10.29303/pepadu.v4i2.2641
Terbitan
Bagian
Articles