UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Authors

Salwa Salwa , Abdurahim Abdurahim , Lailia Awalushaumi , Marwan Marwan , Qurratul Aini , Nuzla Af’idatur Robbaniyyah , Muhammad Rijal Alfian , Zulhan Widya Baskara , Tri Maryono Rusadi , Bulqis Nabula Syechah , I Gede Adhitya Wisnu Wardana , Fajarani Choirunnisa

DOI:

10.29303/pepadu.v5i3.5870

Published:

2024-07-30

Issue:

Vol. 5 No. 3 (2024): Jurnal PEPADU

Keywords:

Choirunnisa, Matematika\, Pembelajaran Menyenangkan

Articles

Downloads

How to Cite

Salwa, S., Abdurahim, A., Awalushaumi, L., Marwan, M., Aini, Q., Robbaniyyah, N. A., … Choirunnisa, F. (2024). UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Jurnal Pepadu, 5(3), 467–472. https://doi.org/10.29303/pepadu.v5i3.5870

Abstract

Berbagai faktor dapat mempengaruhi rendahnya minat siswa dalam belajar matematika, diantaranya adalah metode pembelajaran yang dilakukan guru saat mengajar, keterbatasan sarana prasarana pembelajaran, motivasi dari guru, dan dukungan orang tua siswa. keingintahuan siswa berupa materi yang menarik, penjelasan guru yang mudah dipahami akan menjadikan matematika menjadi mata pelajaran favorit, mengingat pentingnya pemahaman konsep dasar matematika di tingkat sekolah, khususnya SMA, maka perlu adanya upaya untuk meningkatkan minat belajar matematika. Dalam hal ini, upaya yang dilakukan melalui media cerita tentang paradoks dan temuan tokoh-tokoh matematika yang dimanfaatkan untuk membantu memudahkan kehidupan manusia, diharapkan bisa menumbuhkan keinginan mengetahui palajaran matematika sehingga menumbuhkan minat belajar matematika siswa. Pengabdian dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2024 yang dialaksanakan melalui tahapan penyusunan materi palatihan, FGD, memberikan pre test, memberikan materi serta memberikan post test setelah diberikannya materi. Hasil yang diperoleh adalah dari 10 item pertanyaan, terdapat 8 pertanyaan yang jawabannya positif dan 2 lainnya jawabannya negatif. Sebagian besar responden setuju (52.57%) atau sangat setuju (38.97%) dengan pertanyaan yang masuk dalam golongan positif, hal ini menunjukkan bahwa mayoritas responden memiliki pandangan yang positif terhadap topik yang ditanyakan. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil post test menunjukkan bahwa intervensi atau pelatihan yang dilakukan efektif dalam meningkatkan pandangan positif responden.

Author Biographies

Salwa Salwa, Program Studi Matematika Universitas Mataram

Abdurahim Abdurahim, Universitas Mataram

Lailia Awalushaumi, Universitas Mataram

Marwan Marwan, Universitas Mataram

Qurratul Aini, Universitas Mataram

Nuzla Af’idatur Robbaniyyah, Universitas Mataram

Muhammad Rijal Alfian, Universitas Mataram

Zulhan Widya Baskara, Universitas Mataram

Tri Maryono Rusadi, Universitas Mataram

Bulqis Nabula Syechah, Universitas Mataram

I Gede Adhitya Wisnu Wardana, Universitas Mataram

Fajarani Choirunnisa, Universitas Mataram

Most read articles by the same author(s)