ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI BIDANG MATEMATIKA SISWA MADRASAH ALIYAH MANHALUL MA’ARIF DAREK LOMBOK TENGAH BERDASARKAN ANALISIS DATA PISA

  • Muhammad Rijal Alfian Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Mataram
  • Lailia Awalushaumi
  • Marwan Marwan Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Mataram
  • Syamsul Bahri Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Mataram
  • Bulqis Nebulla Syechah Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Mataram
  • Nuzla Af’idatur Robbaniyyah Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Mataram
Keywords: Literasi Matematika, Skor PISA

Abstract

Kemampuan literasi siswa Indonesia, khususnya bidang matematika masih tergolong rendah. Hal ini tercermin dari peringkat skor PISA (Program for International Student Assesment) dunia yang dirilis oleh OECD (Organization for Economic Cooperation and Development) yang menempatkan siswa Indonesia di posisi ke 71 dari 79 negara. Artikel ini memaparkan sebuah hasil analisis Kemampuan Literasi Bidang  Matematika  Siswa  Madrasah  Aliyah  Manhalul  Ma’arif Darek  Lombok  Tengah,  NTB. Proses analisis diawali dari pemberian soal (pretest) jenis PISA bidang Matematika tanpa perlakuan kepada 35 siswa kelas 10. Selanjutnya dengan metode diskusi dan kerja kelompok untuk meningkatkan Strategi Metakoginisi Membaca persoalan matematika, soal serupa kembali diberikan pada siswa yang sama. Hasil asesmen  menunjukkan  ada peningkatan signifikan dari 6% siswa menjawab benar pada pretest, menjadi 77% siswa menjawab benar pada postest.
Published
2023-05-30
How to Cite
Alfian, M. R., Awalushaumi, L., Marwan, M., Bahri, S., Syechah, B. N., & Robbaniyyah, N. A. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI BIDANG MATEMATIKA SISWA MADRASAH ALIYAH MANHALUL MA’ARIF DAREK LOMBOK TENGAH BERDASARKAN ANALISIS DATA PISA. Jurnal Pepadu, 4(2), 309-313. https://doi.org/10.29303/pepadu.v4i2.2641

Most read articles by the same author(s)