ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI BIDANG MATEMATIKA SISWA MADRASAH ALIYAH MANHALUL MA’ARIF DAREK LOMBOK TENGAH BERDASARKAN ANALISIS DATA PISA
DOI:
https://doi.org/10.29303/pepadu.v4i2.2641Keywords:
Literasi Matematika, Skor PISAAbstract
Kemampuan literasi siswa Indonesia, khususnya bidang matematika masih tergolong rendah. Hal ini tercermin dari peringkat skor PISA (Program for International Student Assesment) dunia yang dirilis oleh OECD (Organization for Economic Cooperation and Development) yang menempatkan siswa Indonesia di posisi ke 71 dari 79 negara. Artikel ini memaparkan sebuah hasil analisis Kemampuan Literasi Bidang Matematika Siswa Madrasah Aliyah Manhalul Ma’arif Darek Lombok Tengah, NTB. Proses analisis diawali dari pemberian soal (pretest) jenis PISA bidang Matematika tanpa perlakuan kepada 35 siswa kelas 10. Selanjutnya dengan metode diskusi dan kerja kelompok untuk meningkatkan Strategi Metakoginisi Membaca persoalan matematika, soal serupa kembali diberikan pada siswa yang sama. Hasil asesmen menunjukkan ada peningkatan signifikan dari 6% siswa menjawab benar pada pretest, menjadi 77% siswa menjawab benar pada postest.Downloads
Published
2023-05-30
How to Cite
Alfian, M. R. ., Awalushaumi, L. ., Marwan, M., Bahri, S. ., Syechah, B. N. ., & Robbaniyyah, N. A. . (2023). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI BIDANG MATEMATIKA SISWA MADRASAH ALIYAH MANHALUL MA’ARIF DAREK LOMBOK TENGAH BERDASARKAN ANALISIS DATA PISA. Jurnal Pepadu, 4(2), 309–313. https://doi.org/10.29303/pepadu.v4i2.2641
Issue
Section
Articles