PENDAMPINGAN PEMANFAATAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNOLOGI INFORMASI GURU SD MATEMATIKA DI KECAMATAN PEMULUTAN DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN

Authors

Jurnal Pepadu , Sisca Octarina , Putra Bahtera , Jaya Bangun , Indrawati Indrawati , Fitri Maya Puspita , Evi Yuliza

DOI:

10.29303/pepadu.v4i1.2241

Published:

2023-02-01

Issue:

Vol. 4 No. 1 (2023): Jurnal Pepadu

Keywords:

geogebra, media pembelajaran, teknologi informasi, pengabdian

Articles

Downloads

How to Cite

Pepadu, J. ., Octarina, S. ., Bahtera, P., Bangun, J., Indrawati, I., Puspita, F. M., & Yuliza, E. (2023). PENDAMPINGAN PEMANFAATAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNOLOGI INFORMASI GURU SD MATEMATIKA DI KECAMATAN PEMULUTAN DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Pepadu, 4(1), 84–94. https://doi.org/10.29303/pepadu.v4i1.2241

Abstract

Kemampuan setiap guru pastilah berbeda. Banyak guru yang belum siap dalam menghadapi perubahan proses pembelajaran termasuk dalam pembelajaran Matematika. Pembelajaran Matematika seharusnya tidak hanya menekankan pada produk akhir, akan tetapi juga berorientasi pada proses. Pembelajaran Matematika membutuhkan visualisasi yang menarik untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar. Geogebra merupakan salah satu aplikasi pendukung visualisasi dalam Matematika. Keterampilan guru dalam penggunaan software dan aplikasi untuk pengembangan media pembelajaran dan pendidikan masih sangat kurang. Teknologi penggunaan software baik yang dapat diakses bebas maupun berbayar harus dipelajari sebagai sarana pendukung kegiatan pembelajaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pendampingan pemanfaatan aplikasi Geogebra bagi guru SD Matematika di Desa Pemulutan Ogan Ilir Sumatera Selatan. Kegiatan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan teknologi informasi guru Matematika dalam membuat media pembelajaran. Metode pelatihan yang digunakan adalah metode ekspositori, presentasi, dan tanya jawab. Kegiatan ini dimulai dengan cara instalasi, pengenalan tools yang ada pada software GeoGebra, cara menggunakannya, tutorial hingga evaluasi. Jumlah khalayak sasaran adalah 15 orang guru dan tenaga pendidik di Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir. Tim pelaksana kegiatan pengabdian ini terdiri dari 4 orang dosen Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya dibantu oleh 10 orang mahasiswa sebagai pembantu pelaksana. Kegiatan pendampingan cukup berhasil yang ditunjukkan dengan hasil evaluasi, yaitu sebanyak 85% peserta mampu menyelesaikan tugas yang diberikan. Peserta aktif dalam kegiatan pendampingan dan dapat membuat media pembelajaran Matematika interaktif menggunakan Geogebra.

Author Biographies

Sisca Octarina, Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya

Putra Bahtera, Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya

Jaya Bangun, Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya

Indrawati Indrawati, Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya

Fitri Maya Puspita, Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya

Evi Yuliza, Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya

Most read articles by the same author(s)

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >>