URGENSI KESADARAN ASEAN DAN MASYARAKAT EKONOMI ASEAN BAGI PEMUDA INDONESIA (Study di MA Darul Amimin Aikmual, Lombok Tengah)

  • Jurnal Pepadu
  • Erlies Septiana Nurbani Fakultas Hukum Universitas Mataram
  • Zunnuraeni Zunnuraeni Fakultas Hukum Universitas Mataram
  • Diva Pitaloka Fakultas Hukum Universitas Mataram
Keywords: ASEAN, Masyarakat Ekonomi ASEAN, Peluang dan Tantangan, Indonesia

Abstract

Integrasi ekonomi regional yang ingin dicapai oleh Masyarakat Ekonomi ASEAN tidak akan berjalan secara simultan tanpa peran warganegara negara-negara anggota ASEAN, atau warga ASEAN. Hal ini sejalan dengan Visi ASEAN 2025 bahwasanya Masyarakat Ekonomi ASEAN 2025 harus sangat terintegrasi dan kohesif, kompetitif, inovatif dan dinamis; dengan peningkatan konektivitas dan kerja sama sektoral; serta suatu masyarakat yang lebih tangguh, inklusif, berorientasi pada rakyat dan berpusat pada rakyat, terintegrasi dengan ekonomi global. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode normative-empiris, dimana peneliti mulai melakukan analisis dengan rangkaian kesepakatan negara-negara ASEAN yang kemudian melihat implementasinya di tingkat nasional. Masyarakat memegang peran kunci dalam mencapai integrasi ASEAN 2025. Namun, kondisi di dalam satuan-satuan kecil masyarakat Indonesia, pemahaman akan ASEAN sebagai organisasi regional, visi misi ASEAN dan khususnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (peluang dan tantangannya) masih sangat rendah. Tidak hanya demikian, bahwa gaung Indonesia Emas 2045 akan menjadi boomerang jika tidak ditangani secara tepat.
Published
2021-10-29
How to Cite
Pepadu, J., Nurbani, E. S., Zunnuraeni, Z., & Pitaloka, D. (2021). URGENSI KESADARAN ASEAN DAN MASYARAKAT EKONOMI ASEAN BAGI PEMUDA INDONESIA (Study di MA Darul Amimin Aikmual, Lombok Tengah). Jurnal Pepadu, 2(4), 377-389. https://doi.org/10.29303/pepadu.v2i4.2251

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>