Pendampingan Mahasiswa Dalam Mengucapkan Bahasa Inggris Standar Berbasis Kendala Fonologis Bahasa Daerah

Authors

Jurnal Pepadu , Arafiq Arafiq , Nurachman Hanafi , Nur Ahmadi , Atri Dewi Azis

DOI:

10.29303/pepadu.v2i1.2161

Published:

2021-01-29

Issue:

Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal PEPADU

Keywords:

Kendala fonologis, Bahasa Daerah, Kepercayaan diri, Speaking, Raeding

Articles

Downloads

How to Cite

Pepadu, J. ., Arafiq, A., Hanafi, N. ., Ahmadi, N. ., & Azis, A. D. . (2021). Pendampingan Mahasiswa Dalam Mengucapkan Bahasa Inggris Standar Berbasis Kendala Fonologis Bahasa Daerah. Jurnal Pepadu, 2(1), 60–63. https://doi.org/10.29303/pepadu.v2i1.2161

Abstract

ABSTRAKKegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampigan pengucapan Bahasa Inggris denganmemperhatikan kendala bunyi Bahasa Daerah sebagai dasar dalam merencanakan pola pendampingandan sintagmatik materi. Kegiatan diawali dengan penyampaian materi, yakni peta kendala fonologispenutur Bahasa Sasak, Bahasa Bima, dan Bahasa Sumbawa, strategi pengucapan terkait dengan bunyibunyi yang dianggap bermasalah secara fonologis akibat dari pengaruh negatif Bahasa Daerah dalampembelajaran Bahasa Inggris (negative transfer of mother toungue). Langkah selanjutnya adalahpendampingan. Pendampingan ini dilakukan secara daring dengan platform google meet denganmembagi peserta dalam 3 (tiga) kelompok yang dibimbing oleh masing-masing satu tim pendamping.Kegiatan ini juga dapat dilakukan secara mandiri oleh peserta diwaktu yang lain karena materi jugadisiapkan di Spada Unram. Tahap selanjutnya adalah proses evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi,peserta mempunyai kesadaran akan kendala fonologis yang dirasakan selama ini dalam mengucapkanbunyi Bahasa Inggris. Dengan kesaradan ini, maka peserta dapat dengan mudah menggunakan strategidalam meminimalisir atau bahkan menghilangkan kendala tersebut dalam mengucapkan bunyi BahasaInggris. Di akhir kegiatan ini, peserta memiliki kepercayaan diri yang lebih baik dalam memproduksiujaran Bahasa Inggris lisan, khsusunya keterampilan sepaking dan reading.

Author Biographies

Arafiq Arafiq, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mataram

Nurachman Hanafi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mataram

Nur Ahmadi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mataram

Atri Dewi Azis, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mataram

Most read articles by the same author(s)

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >>