Pendampingan Mahasiswa Dalam Mengucapkan Bahasa Inggris Standar Berbasis Kendala Fonologis Bahasa Daerah

Penulis

  • Jurnal Pepadu
  • Arafiq Arafiq Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mataram
  • Nurachman Hanafi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mataram
  • Nur Ahmadi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mataram
  • Atri Dewi Azis Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pepadu.v2i1.2161

Kata Kunci:

Kendala fonologis, Bahasa Daerah, Kepercayaan diri, Speaking, Raeding

Abstrak

ABSTRAK
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampigan pengucapan Bahasa Inggris dengan
memperhatikan kendala bunyi Bahasa Daerah sebagai dasar dalam merencanakan pola pendampingan
dan sintagmatik materi. Kegiatan diawali dengan penyampaian materi, yakni peta kendala fonologis
penutur Bahasa Sasak, Bahasa Bima, dan Bahasa Sumbawa, strategi pengucapan terkait dengan bunyibunyi yang dianggap bermasalah secara fonologis akibat dari pengaruh negatif Bahasa Daerah dalam
pembelajaran Bahasa Inggris (negative transfer of mother toungue). Langkah selanjutnya adalah
pendampingan. Pendampingan ini dilakukan secara daring dengan platform google meet dengan
membagi peserta dalam 3 (tiga) kelompok yang dibimbing oleh masing-masing satu tim pendamping.
Kegiatan ini juga dapat dilakukan secara mandiri oleh peserta diwaktu yang lain karena materi juga
disiapkan di Spada Unram. Tahap selanjutnya adalah proses evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi,
peserta mempunyai kesadaran akan kendala fonologis yang dirasakan selama ini dalam mengucapkan
bunyi Bahasa Inggris. Dengan kesaradan ini, maka peserta dapat dengan mudah menggunakan strategi
dalam meminimalisir atau bahkan menghilangkan kendala tersebut dalam mengucapkan bunyi Bahasa
Inggris. Di akhir kegiatan ini, peserta memiliki kepercayaan diri yang lebih baik dalam memproduksi
ujaran Bahasa Inggris lisan, khsusunya keterampilan sepaking dan reading.

Diterbitkan

2021-01-29

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Pendampingan Mahasiswa Dalam Mengucapkan Bahasa Inggris Standar Berbasis Kendala Fonologis Bahasa Daerah. (2021). Jurnal Pepadu, 2(1), 60-63. https://doi.org/10.29303/pepadu.v2i1.2161

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >>