PENERAPAN PEMBEAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS III SD NEGERI 1 LANDUNGSARI KABUPATEN MALANG
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v6i1.6922Kata Kunci:
Student Active Learning, learning outcomes, cooperative learning, Classroom Action ResearcAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 1 Landungsari pada materi perubahan makhluk hidup melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Active Learning (SAL). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi, dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Pada tahap pra-siklus, nilai rata-rata kelas masih berada pada angka 65,00 dengan tingkat ketuntasan yang rendah, yaitu 14,71%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa setelah diterapkannya model SAL. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 69,70 pada siklus I menjadi 84,42 pada siklus II, dengan persentase ketuntasan belajar yang naik dari 29,42% menjadi 76,47%. Selain itu, penerapan model SAL juga mendorong peningkatan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran, terutama dalam kegiatan diskusi kelompok dan presentasi. Kesimpulannya, model pembelajaran SAL terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar serta keterampilan berpikir kritis, komunikasi, dan kerja sama siswa. Oleh karena itu, model ini dapat dijadikan sebagai strategi yang relevan dalam implementasi Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.Referensi
Anwar, M. F. N., Wicaksono, A. A., & Pangambang, A. T. (2022). Penggunaan Metode SAS Berbantuan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan. Musamus Journal of Primary Education, 5(1), 57–64. https://doi.org/10.35724/musjpe.v5i1.4367
Anwar, M. F. N., & Widayanti, I. . (2021). PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SDN 1 LANDUNGSARI DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 2(2), 157–167. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i2.552
Aprianti, N. P. C. D. (2017). Pengaruh Model Project-Based Learning Berbasis Pembelajaran di Luar Kelas terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus II Mengwi, Badung, Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha.
Budi, J., Agama, P., Situmeang, E. S., Pasaribu, A. G., Saragih, O., Pendidikan, P., Kristen, A., Ilmu, F., Kristen, P., Agama, I., Negeri, K., & Tarutung, I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions ( STAD ) terhadap Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Siborongborong Tahun Pembelajaran 2023 / 2024 . Model Kooperatif Tip. 3.
Fitri, J. (2022). Upaya meningkatkan hasil belajar materi mengenal huruf besar menggunakan sal siswa kelas nol besar tk mawar dharma wanita ampah. Jurnal EduCurio, 1(1), 247–257.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Hikmatul Hasanah, Surahmat, S. E. W. (2024). Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match , Motivasi, Kemampuan Pemecahan Masalah, Trigonometri. 19(13), 1–11.
Indriastuti, F. (2021). Strategi Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Cooperative Learning Together. Jurnal Pendidikan, 71–76.
Jurahmin. (2023). Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Klasifikasi Makhluk Hidup melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas VII MTs Negeri 1 Batam. Jurnal Pendidikan, 3(2), 53–54.
Lubis, P. K. D., Sirait, D. E. P., & Ambarita, C. F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division untuk meningkatkan Hasil Belajar. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 1(1), 13–23. https://doi.org/10.30596/liabilities.v1i1.2027
Mahmud, S., Hasyda, M. S., & Tabun, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Student Active Learning (SAL) dalam Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa Kelas III SD Muhammadiyah 2 Kota Kupang pada Tema 6 Energi dan Perubahannya TahunAjaran 2022/2023. Mimbar PGSD Flobamorata, 1(3), 87–92. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jim/index
Mamuaya, N. Ch., & B. I. M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di MI/SD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(3), 310–324.
Mursid, K. B., Suryana, A., & Sugiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Mi Al-Mursyid Citeureup-Bogor. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 1(1), 54–76. https://doi.org/10.47467/edui.v1i1.242
Murtihapsari, M., Patandean, S. N., Surbakti, P. S., Larasati, C. N., & Toding, M. T. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievment Divison) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Secara Daring. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(2), 185. https://doi.org/10.20527/quantum.v12i2.11109
Noviana, Rusdi, M., & Ali, A. (2021). PEMBELAJARAN AKTIF KONSEP “MIKiR” DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Al-Ahya: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(3), 99–109. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alahya/index
Novianingsih, H. (2016). Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1–11.
Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Iman Nurchotimah, A. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 10. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.41752
Putera, Z. F., & Shofiah, N. (2021). Model Kurikulum Kompetensi Berpikir Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi Vokasi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(1), 29–36. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i1.10094.
Setiawan, H., & Fatimah, S. (2023). Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Video Pembelajaran pada Materi Mari Berhemat Energi Listrik Kelas IV SD. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 47-55.
Sugiharto, F. B., Rozhana, K. M., & Iten, F. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar melalui Bantuan CD Interaktif pada Siswa Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 99–110. https://doi.org/10.30997/dt.v9i2.5628
Sulistiawati, D., & Setyawan, A. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V MATERI PECAHAN: Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 4(1), 77–87. https://doi.org/10.29303/pendas.v4i1.1319
Suprapti, E. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe STAD dengan Media Powerpoint Ispring pada Materi Jajargenjang, Layang-Layang dan Trapesium di Kelas VII SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 57. https://doi.org/10.30651/must.v1i1.98
Tabrani, & Amin, M. (2023). Model Pembelajaran Cooperative Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 200–213.
Tanjung, R., Widiawati, D., & Febriyanto, D. (2023). Implementasi Model Student Active Learning dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di MI Nurul Islam Maryano. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 82–91.
Ultavia, A. (2023). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan ProfesiGuru Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 2(1).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Yakut Tatil Chamroh, Moh. Farid Nurul Anwar, Chusnul Chotimah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.